Data 5 Pasien Positif Corona Baru di Batam, Tertular dari WNA dan Bengkong

Himbauan Pemprov Kepri
Rusun Tanjunguncang
Foto Ilustrasi. Tim medis melaukan sterilisasi dengan menyemprotkan disinfektan di kamar bekas pasien positif corona di Rusun Tanjunguncang, Batam, Jumat (8/5/20). (F: barakata.id/istimewa)

Kasus Baru, Riwayat Perjalanan Belum Diketahui

5. Kasus nomor 49

Seorang remaja laki-laki berinisial JSB, usia 18 tahun, mahasiswa, beralamat di kawasan perumahan Batam Centre, Kelurahan Taman Baloi Kecamatan Batam Kota. Ia sekitar seminggu sebelumnya mengalami keluhan demam yang disertai dengan batuk berdahak yang bercampur darah.

Pada tanggal 8 Mei 2020, memeriksakan dirinya untuk berobat pada salah satu klinik di kawasan Baloi Lubuk Baja, dan diberikan obat untuk rawat jalan. Mengingat tidak ada perbaikan yang berarti dari keluhan yang dialaminya, pada tanggal 9 Mei 2020 oleh keluarganya dibawa berobat ke UGD RS swasta di Kawasan Batam Centre.

Baca Juga :
Cegah Corona, Pengurus Masjid di Batam Diminta Edukasi Warga Agar Salat Berjamaah di Rumah

Oleh tim medis pada rumah sakit tersebut dilakukan tindakan penanganan dengan pemeriksaan diagnostik laboratorium dan Foto Thorax dengan kesimpulan “Pneumonia Suspect TB Paru”. Kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan RDT dengan hasil “Reaktif”.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, diperoleh kesimpulan bahwa yang bersangkutan ditetapkan sebagai PDP (Pasien Dalam Pengawasan) dan harus dilakukan perawatan di ruang isolasi rumah sakit tersebut.

Selanjutnya, pada tanggal 11 Mei 2020 dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan yang hasilnya telah diterima pada 13 Mei 2020 dengan kesimpulan terkonfirmasi Positif Covid-19. Sejauh ini kondisi yang bersangkutan cukup stabil dan masih terus menjalani perawatan di ruang isolasi rumah sakit.

Baca Juga :
4 Aturan Baru Masjid Agung Batam untuk Cegah Corona

Sehubungan dengan kasus terbaru ini dan kasus-kasus sebelumnya yang juga terpantau masih berkembang, maka saat ini Tim Surveilans dan Epidemiologi masih terus melakukan proses contact tracing, dan penyelidikan epidemiologi (PE) terhadap semua orang yang ditenggarai berkontak terhadap kasus-kasus terkonfirmasi tersebut di atas.

Kepada seluruh masyarakat Kota Batam diingatkan kembali agar tetap mengikuti anjuran pemerintah terkait protoko kesehatan. Jaga jarak, senantiasa mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, tetap di rumah saja dan jika terpaksa harus keluar rumah agar mengenakan masker.

“Selalu menjaga kesehatan dengan makan makanan seimbang dan berolahraga secara teratur dan istirahat yang cukup,” bunyi imbauan Tim Percepatan Penanganan Corona Covid 19 Kota Batam yang dikutip barakata.id, Kamis (14/5/20).

*****

Editor : Yuri B Trisna

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin