Data 5 Pasien Positif Corona Baru di Batam, Tertular dari WNA dan Bengkong

Himbauan Pemprov Kepri
Rusun Tanjunguncang
Foto ilustrasi. Petugas melakukan sterilisasi area Rusun Tanjunguncang dengan penyemprotan disinfektan usai melakukan evakuasi pasien positif Covid-19 ke RSUD Embung Fatimah, Jumat (8/5/20). (F: barakata.id/istimewa)

Kasus Baru Perjalanan Luar Negeri

3. Kasus nomor 47

Seorang laki-laki berinisial P, usia 57 tahun, wiraswasta, beralamat sementara di kawasan perumahan Tiban, Kelurahan Patam Lestari, Kecamatan Sekupang, Kota Batam. Pasien ini sesungguhnya adalah warga Provinsi Jawa Timur, yang singgah/transit dalam perjalanan pulang setelah mengikuti kegiatan perjalanan pengajian tabligh dari Brunei Darussalam dan Malaysia.

Sebelumnya, ia pernah menjalani karantina di Belia antar Bangsa Cheras Malaysia. Selama di Batam tinggal di kawasan perumahan Tiban dengan menempati salah satu rumah warga yang kosong, bersama beberapa rekan seperjalanannya.

Baca Juga :
Bengkong Zona Merah Corona di Batam, 40 Warga Dikarantina, 3 Orang Positif

Mengingat ia baru tiba dari luar negeri, pada tanggal 9 Mei 2020, oleh tim Puskesmas Mentarau bersama Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Sekupang, dilakukan pemeriksaan RDT yang hasilnya dinyatakan “Reaktif”. Sesuai dengan hasil pemeriksaan RDT tersebut, ia dan kelompoknya langsung dikirim ke RS Galang guna dilakukan isolasi serta untuk penanganan kesehatan lebih lanjut.

Selanjutnya dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan pertama yang hasilnya diterima pada tanggal 11 Mei 2020, dinyatakan terkonfirmasi “Negatif”. Kemudian dilakukan kembali pengambilan swab tenggorokan yang kedua dimana hasilnya diterima pada 13 Mei 2020 dengan kesimpulan terkonfirmasi Positif Covid-19.

Baca Juga :
Satu Keluarga di Bengkong Batam Positif Corona

Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, dan masih dalam perawatan isolasi di RS Galang.

Dari klaster Bengkong

4. Kasus nomor 48

Seorang anak laki-laki berinisial DVRN, usia 9 tahun, pelajar, beralamat di kawasan perumahan Bengkong Kelurahan Sadai, Kecamatan Bengkong. Ia adalah cucu dari kasus terkonfirmasi posistif nomor 44 yang juga berkaitan erat dengan cluster kasus nomor 35 (telah meninggal dunia).

Pada tanggal 8 Mei 2020, pelajar ini melakukan pemeriksaan RDT di Masjid AF dekat rumahnya dengan hasil “Reaktif”, dan diedukasi untuk melaksanakan isolasi mandiri.

Baca Juga :
Reaktif Corona, 8 Warga Bengkong Batam Dikarantina di Rusun

Pada tanggal 11 Mei 2020 bertempat di RSUD Embung Fatimah Batam, dilakukanlah pemeriksaan swab tenggorokan kepada DVRN. Hasil uji swab itu diketahui pada 13 Mei 2020 dengan kesimpulan Positif Covid-19.

Sejauh ini kondisinya stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti. Saat ini DVRN sedang proses persiapan untuk dilaukan perawatan isolasi guna penanganan kesehatannya di rumah sakit rujukan RSUD Embung Fatimah Kota Batam.

Halaman selanjutnya, kasus nomor 49

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin