Home Kepulauan Riau Dari Seminar GOW Natuna, Pemilih Cerdas Memilih Pemimpin Berkualitas

Dari Seminar GOW Natuna, Pemilih Cerdas Memilih Pemimpin Berkualitas

15
GOW Natuna

Barakata.id, Natuna – Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Natuna menggelar seminar tentang Pilkada 2020, Sabtu (17/10/20). Seminar ini mendatangkan narasumber dari KPU dan Bawaslu Natuna.

Seminar dihadiri Wakil Bupati Natuna Ngesti Yuni Suprapti dan Ketua GOW Natuna Raja Peni Adriani. 

Raja Peni Andriani mengatakan, pelaksanaan kegiatan seminar ini tetap mengikuti protokol kesehatan, menjaga jarak, dan memakai masker.

“Jumlah peserta yang hadir mengikuti seminar juga kita dibatasi. Bisanya yang kita undang ketua dan 5 anggota, tapi sekarang hanya ketua beserta 2 anggota,” kata dia.

Raja Peni menyampaikan, GOW dalam usia 19 tahun ini telah mengalami pergantian pengurus selama 4 periode, saat ini masuk periode ke 5 dengan tiga kepemimpinan.

“Alhamdulilah, GOW terus berupaya meningkatkan kualitas dan peran perempuan natuna untuk mengisi pembangunan di Natuna. Berbagai kegiatan terus kita dilaksanakan untuk mewujudkan tujuannya GOW,” ujarnya.

Ia berharap dengan seminar ini dapat membangkitkan kepedulian masyarakat tentang perspektif perempuan berdaya dapat dicapai dan dilakukan oleh setiap perempuan sebagai sebuah bentuk kesetaraan.

“Seminar tentang pemilih cerdas yang kita gagas ini merupakan upaya membekali anggota GOW dengan pengetahuan. Pada akhirnya para pemilih dapat menentukan pemimpin berkualitas,” tutupnya.

Melalui pantun Raja peni berharap kepada seluruh anggota dan pengurus agar dapat menjaga persatuan kesatuan.

Sementara itu, Wakil Bupati Natuna  Ngesti Yuni Suprapti mengajak masyarakat untuk merayakan pilkada serentak 2020 dengan penuh riang gembira.

“Semuanya bisa dimulai dari diri sendiri, misalkan dengan ikut berpartisipasi menggunakan hak suara dan tidak terpengaruh berita hoax atau disinformasi,” kata dia.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Natuna, Rika Azmi menyampaikan, pentingnya menjadi pemilih cerdas saat pilkada serentak 2020. Hal itu bisa dimulai dengan mempertimbangkan calon yang akan dipilih secara objektif.

“Jadilah pemilih yang cerdas, rasional dan berkualitas. Memilih dengan menggunakan akal sehat dan hati nurani,” katanya.

Baca Juga :

Dia mengatakan, dengan menjadi pemilih cerdas berarti masyarakat sadar betul arti penting dirinya sebagai pemilih.

“Hal itu dapat dilakukan dengan cara mencermati rekam jejak calon-calon dalam pilkada,” kata Rika Azmi.

Selain itu, lanjutnya, masyarakat perlu mempertimbangkan aspek integritas dan kapabilitas calon-calon dalam pilkada.

Yang terpenting, kata dia, masyarakat harus menggunakan hak pilih masing-masing dengan sebaik-baiknya.

“Pilihan masyarakat akan menentukan masa depan pembangunan daerah sehingga masyarakat harus ikut berpartisipasi dalam pilkada dan menggunakan hak pilihnya dengan baik,” katanya.

Hadir dalam kegiatan seminar penasehat GOW Natuna, ketua ketua organisasi wanita beserta anggota dan seluruh pengurus GOW Natuna.

Serta narasumber dari KPU Natuna, ibu Tina Yunila dan dari Bawaslu Natuna ibu Lindawati.

Selain kegiatan resepsi dengan kegiatan seminar GOW juga dilaksanakan Bakti sosial “GOW Natuna peduli sekolah” dengan pemberian masker ke murid dan para guru. GOW juga laksanakan sosialisasi perlindungan anak kepada siswa.

*****

Edi Zamri

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin