Home Warta

Daftar Kartu Prakerja Gelombang 12 Dapat Rp3,55 Juta, Ini Orang yang Boleh dan Dilarang Ikut

Head of Communication PMO Kartu Prakerja Louisa Tahutu mengatakan, berdasarkan Perpres 76/2020 dan Permenko 11/2020 Program Kartu Prakerja bisa diakses oleh semua WNI yang berusia di atas 18 tahun dan tidak sedang menempuh pendidikan formal.

Kemudian, para pencari kerja atau pekerja terkena PHK, pekerja dan buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, diprioritaskan bagi yang terdampak pandemi. Yang perlu diingat, jika ingin mendaftar, pastikan Anda belum menerima bantuan sosial apapun selama pandemi.

“Dan kami tegaskan, tidak ada aturan atau batasan tentang gaji calon peserta. Namun, jika peserta masuk dalam daftar peserta, diketahui terbukti memalsukan identitasnya,” kata Louisa Tahutu.

BACA JUGA : Cara Mendaftar Kartu Prakerja, Dapat Bantuan Rp3,55 Juta

Di dalam Permenko itu diatur pula siapa-siapa yang tidak boleh mendaftar. Siapa saja? Yaitu; pejabat negara, pimpinan dan anggota DPRD, ASN/TNI/POLRI, kepala desa dan perangkat desa, direksi/komisaris/dewan pengawas BUMN atau BUMD, serta penerima bansos Kementerian Sosial.

Louisa Tahutu menegaskan, program Kartu Prakerja menerapkan pendaftaran mandiri. Artinya, calon peserta harus mendaftar sendiri di situs Prakerja.

“Pada saat mendaftar, calon peserta wajib mengisi form, dan mengisi serangkaian pertanyaan. Ingat, jangan membuat identitas atau jawaban palsu,” tegasnya.

*****

Editor : YB Trisna

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin