Home Warta Nusantara

Cek Rekening, Jokowi Luncurkan Subsidi Gaji Pekerja Hari Ini

6319
Bantuan Gaji Pekerja
Presiden Joko Widodo meluncurkan secara resmi program subsidi untuk pekerja bergaji di bawah Rp5 juta di Istana Presiden, Kamis (27/8/20). (F: YouTube Sekretariat Presiden)

Barakata.id- Presiden Joko Widodo (Jokowi) luncurkan subsidi gaji pekerja hari ini. Itu artinya subsidi untuk pekerja bergaji di bawah Rp5 juta sudah cair. Dana bantuan itu langsung ditransfer ke rekening masing-masing. Sebelumnya, subsidi gaji pekerja ini direncanakan cair pada 25 Agustus lalu, tapi tertunda, sampai hari ini resmi dilaunching dan ditransfer.

Jokowi berharap bantuan tersebut dapat meningkatkan konsumsi dan daya beli masyarakat. Pertumbuhan ekonomi pun kembali ke posisi normal.

“Kita harapkan nantinya setelah ini diberikan, konsumsi rumah tangga pekerja bisa naik. Keadaan ini (pandemi) semua tak ada yang menghendaki, semua negara mengalami,” kata Jokowi dalam peluncuran program subsidi pekerja di Istana Presiden yang disiarkan langsung oleh YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (27/8/20).

Baca Juga:
Subsidi Pekerja: Sudah Senang, Pencairan Malah Ditunda

Jokowi mengatakan semua lini terdampak akibat Covid-19. Banyak yang dirumahkan, potong gaji hingga omset usaha turun. Hal itu berpengaruh terhadap konsumsi keluarga. Oleh karena itu pemerintah mengeluarkan stimulus ekonomi.

“Hari ini subsidi untuk 15,7 juta pekerja diberikan, UMKM juga diberi modal kerja Rp2,4 juta dan untuk bansos tunai juga. Totalnya sudah puluhan juta masyarakat yang diberi bantuan,” kata dia.

Senada dengan pidato Jokowi saat luncurkan subsidi gaji pekerja tersebut, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan subdisi itu diharapkan mampu menjaga dan meningkatkan daya beli pekerja atau buruh dan mendongkrak konsumsi.

“Sehingga menimbulkan multiplayer efek pada pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” kata dia.

Ida mengatakan targetnya subsidi gaji pekerja ini diberikan kepada 15,7 orang. Saat ini data terakhir yang berhasil dikumpulkan ada 13,8 juta orang. Itu berarti 88 persen dari target. Sedangkan data yang sudah divalidasi ada 10,8 juta orang atau 69 persen dari target.

“Kami terus mendorong seluruh penerima ini dapat dipenuhi BP Jamsostek akhir September 2020,” kata Ida.

Ida mengatakan, Senin (24/8/20) lalu pihaknya telah mendapatkan data 2,5 juta penerima yang sudah diverifikasi untuk batch pertama. Data itu sudah dicek kelengkapannya sesuai syarat. Sehingga meminimalkan risiko adminstrasi dan supaya tepat sasaran.

Baca Juga:
Gaji di Bawah Rp5 Juta Dapat Bantuan Pemerintah

“Subdisi itu ditransfer lewat bank himbara (himpunan bank milik negara) dan ditransfer langsung ke rekening penerima. Dibayarkan Rp600 ribu tiap bulan dengan total Rp2,4 juta, dicairkan dalam dua tahap, setiap tahap Rp1,2 juta,” kata Ida.

Dari total 2,5 juta penerima itu, disalurkan dari rekening Bank Mandiri sebanyak 700 ribu lebih penerima, kemudian BNI sebanyak 900 ribu lebih, BRI sebanyak 600 ribu lebih dan BTN 200 ribu lebih.

Penyaluran subsidi ini akan dilakukan bertahap sampai memenuhi target 17,5 juta penerima. Selain bergaji di bawah Rp5 juta, ada beberapa syarat yang wajib dipenuhi oleh penerima subsidi. Diantaranya warga Indonesia dibuktikan dengan nomor induk kependudukan, terdaftar sebagai peserta BP Jamsostek aktif sampai Juni 2020, dan memiliki rekening bank aktif.

****

Editor: Asrul R

13 KOMENTAR

  1. Saya butuh pendapat pak
    Kaan suami saya security penyalur tpi tiap bulan dipotong gaji BPJS ketenagakerjaan dn ditanya perusahaan itu Penyalur TDK ada pajak ke ketenagakerjaan katanya TDK terdata sbg pekerja di disnaker tak
    Jadi menurut bapak kmi tetap kirim no rekening atau tidak pak ini suami aj gaji cuman 3 juta pak. . ..

  2. Maaf pak.gimn klu suamiku dah berhenti kerja dihotel,tp dia masih py bpjs ketenagakerjaan.dan skrg dia kerja. Sebagai buruh,sedangkan kebutuhan keluarga harus dipenuhi biaya anak 4 aja dah sangat kurang dimasa pandemi ini.apa nggak bs dapat bantuan bpjs tersebut pak.

  3. Yang nganggur macam saya lihat2 saja lah ya, anak istri sengsara, gmn mau dpt pekerjaan tiap melamar katanya corona lagi berbahaya kamu stay dirumah dan makan batu, memang sekarang makin payah yah pak de, semangat pemerintah indonesiaku kalian luar biasa

  4. Pusing lah…. Cuma baca bantuan”… Melulu… Kerjaan nihil… Cobalah pak… Perluas lowongan pekerjaan… Jangan perbanyak PHK atau kesusahan.. dengan pekerjaan rakyat akan berpikir… Bukan berharap…

  5. Coba lah lihat kami yg mati2 kerja siang malam demi bertahan hidup. Mendengar dngn mudah na mndapat kan blt. Jdi berfikir bgaimna nasib kami yg tdak ad hv android p lgi rek. Bgaimna na itu.
    Kmi bnr2 butuh tpi g juga mndapaknya

  6. Assalamu’alaikum pak..
    Saya Resmi pak anak dari Abdul salam dan bu haji lentasana,kami sekelurga tinggal di telaga punggur RT02 RW01 kelurahan kabil kecamatan nongsa,kepulauan Riau Batam.
    Disini saya mau menyelaskan bapak saya seorang penjaga tower indosat dari 2004 sampai sekarang gaji bpk saya tiap bulan hanya Rp.600 ribu.
    BPJS juga tidak ada sedangkan beliau kekurangan…
    Seorang bpk yang tidak sempurna hanya bisa kerja jadi penjaga tower karna beliau tidak sempurnah…
    Tiap bulan hanya menghandalkan 600 ribu itu tidak cukup pak,ibu ada warung kecil2 lan dirumah…
    Tapi karna covid 1 hari aja ada kdang tidak ada juga.
    Apakah beliau tidak dapat BLT y Pak…

  7. Pah iya ne benar , akan di cair kan sama pak jokowi widodo. Suami saya kuli bagunan pak, cari kerja selalu payah. Dn saya sbagai buruh cuci, penghasialan tak seberapa pak.
    Dn saya blom prnah dpat uang dri pak jokowi. Ne kata ya cek rekening ya, tpi saya cek rekening saya, ga ad hasil ya pak. Ga ada masok duit ya . Klaw emang iya tolong kirimkn pak, untok anak2 saya, terima kasih

  8. Pah iya ne benar , akan di cair kan sama pak jokoei widodo. Suami saya kuli bagunan pak, cari kerja selalu payah. Dn saya sbagai buruh cuci, penghasialan tak seberapa pak.
    Dn saya blom prnah dpat uang dri pak jokowi. Ne kata ya cek rekening ya, tpi saya cek rekening saya, ga ad hasil ya pak. Ga ada masok duit ya . Klaw emang iya tolong kirimkn pak, untok anak2 saya, terima kasih

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin