Home Gaya Kesehatan

Cegah Virus Corona, Ini 7 Cara Hilangkan Kebiasaan Menyentuh Wajah

109
Menyentuh Wajah
Foto ilustrasi. Para ahli menyarankan agar kita mengurangi atau menghilangkan kebiasaan menyentuh wajah untuk mencegah virus corona masuk ke dalam tubuh. (F: Shutterstock)

Barakata.id, Batam – Para peneliti menyarankan setiap orang agar mengurangi kebiasaan menyentuh wajah untuk cegah virus corona masuk ke dalam tubuh. Virus itu diketahui dapat masuk ke dalam tubuh, melalui tiga “gerbang utama” yaitu hidung, mulut, dan mata.

Namun, menyentuh wajah sudah menjadi kebiasaan manusia. Ada penelitian yang menyebutkan bahwa masing-masing orang cenderung memegang wajahnya sebanyak 16 kali dalam satu jam.

Dan terkadang, kegiatan menyentuh wajah itu sering dilakukan tanpa disadari. Hal ini yang kemudian dianggap bisa mempercepat penyebaran virus corona atau Covid-19.

Baca Juga :

Karena itu, pemerintah dan para ahli kesehatan selalu mengingatkan agar kita agar sesering mungkin tidak memegang wajah, apalagi di tengah aktivitas pekerjaan, supaya kita tidak menjadi korban virus corona selanjutnya.

Sebelum mengetahui cara menghilangkan kebiasaan memegang wajah, ada baiknya kita memahami dulu mekanisme penularan virus corona antarmanusia.

Menghirup tetesan cairan (droplet) tubuh penderita

Misalnya, ada penderita virus corona yang bersin di dekat Anda. Kemudian, tetesan cairan (droplet) dari tubuh penderita terhirup oleh hidung.

Maka virus corona bisa langsung menular. Memegang wajah dengan tangan yang sudah terkontaminasi saat sudah menempel di berbagai benda dan permukaan yang terkontaminasi, droplet bisa bertahan untuk jangka waktu yang berbeda-beda.

Baca Juga :
Cegah Virus Corona, Orang Sehat Tak Disarankan Pakai Masker

Ketika Anda menyentuh permukaan atau benda ini secara tak sengaja, kemudian langsung menggunakan tangan untuk menyentuh wajah, maka virus corona bisa berpindah. Mungkin, cara mencegah virus corona saat dekat dengan penderitanya, dapat dilakukan dengan menggunakan masker saat bepergian.

Namun, untuk mencegah penularan virus corona yang sudah menempel di permukaan kulit atau benda, satu-satunya cara yang efektif adalah tidak menyentuh wajah. Jadi tidak heran kalau banyak dokter dan peneliti yang meminta kita untuk menghilangkan kebiasaan memegang wajah.

Selanjutnya, 7 cara menghilangkan kebiasaan menyentuh wajah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin