Home Kepulauan Riau Natuna

Cegah Trauma Virus Corona, Tim Psikologi Dampingi Pelajar Natuna

48
Pelajar Natuna
Petugas memberi pemahaman tentang Virus Corona di SMAN 1 Bunguran Timur, Natuna (4/2/20). (F: Barakata.id/IST)

Barakata.id, Natuna – Masyarakat Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri) sejak beberapa hari belakangan dilanda keresahan akibat masuknya ratusan WNI yang dievakuasi dari Wuhan, Cina. Ratusan WNI itu dibawa ke Natuna untuk proses karantina dan observasi terkait Virus Corona yang mewabah di Cina.

Masyarakat setempat takut virus memastikan itu menyebar hingga mengancam hidup mereka. Suara-suara penolakan terhadap kehadiran ratusan WNI itu pun menggema. Bukan hanya di media massa dan sosial tapi juga disampaikan secara langsung dalam bentuk aksi turun ke jalan.

Baca Juga :
Cegah Virus Corona, 243 WNI dari Cina Dikarantina 14 Hari di Natuna

Pemerintah daerah bahkan sempat membuat kebijakan meliburkan sekolah selama 14 hari seperti masa karantina ratusan WNI itu. Namun, surat edaran tersebut sudah ditarik atau dibatalkan.

Untuk mencegah rasa trauma atas menyebarnya Virus Corona di Natuna, Tim Psikologi Biro SDM Polda Kepri dan Tim Kesehatan Biddokkes Polda Kepri lengsung menggelar pendampingan kepada masyarakat khususnya kalangan pelajar di daerah itu.

Tim mendatangi sekolah-sekolah, terutama yang berada di sekitar lokasi karantina.

Kabag Sumda Polres Natuna, Kompol Zuljufri saat mengikuti pendampingan Tim Psikologi Polda Kepri di SMA 1 Bunguran Timur, Natuna, Selasa (4/2/20) mengatakan, kegiatan ini digelar untuk memberikan penguatan psikologi tentang Virus Corona. Para siswa diberi pemahaman tentang apa itu Virus Corona yang sedang viral.

pelajar natuna
Petugas menunjukkan cara mencuci tangan yang benar kepada seorang pelajar di Natuna, Selasa (4/2/20). (F: Barakata.id/IST)

Tim juga mengajak para siswa agar saat sesampainya di rumah bisa memberi penjelasan kepada keluarga dan orang-orang di lingkungannya agar tidak takut yang berlebihan. Yang terpenting adalah, harus selalu waspada untuk memprotect diri sendiri dari segala macam penyakit.

“Hal terpenting lainnya agar kondisi tubuh tetap prima dengan berolahraga dan menjaga kebersihan tangan untuk menghindari bakteri serta virus yang dapat menimbulkan penyakit,” katanya.

Baca Juga :
Virus Corona dan Klaim-Klaim Obat Penyembuhnya

Kepala SMAN 1 Bunguran Timur, sangat mengapresiasi kegiatan pendampingan psikologi tersebut. Selain dapat meredakan kecemasan, juga menambah wawasan pelajar di Natua terhadap Virus Corona.

“Ini sangat berguna. Kasihan anak-anak kita, mereka sejak kemarin merasa risau,” katanya.

Dalam kunjungannya ke Natuna, Tim Polda Kepri juga membagi-bagikan masker kepada para pelajar.

*****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin