Home Kepulauan Riau Tanjungpinang Cegah Penyebaran Covid-19 di Kepri, Warga Diimbau Lakukan 10 M

Cegah Penyebaran Covid-19 di Kepri, Warga Diimbau Lakukan 10 M

114
Penyebaran Covid-19 di Kepri
Kabid Pengelolaan Komunikasi Publik Diskominfo Kepri, Iskandar Zulkarnaen. (F: Dok. Diskominfo Kepri)
Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Barakata.id, Tanjungpinang – Kasus penyebaran Covid-19 di Provinsi Kepri masih belum dapat dikendalikan. Masyarakat di wilayah itu pun diimbau untuk terus disiplin menerapkan protokol kesehatan (protkes) yakni melakukan 10 M.

“Saat ini untuk mencegah penyebaran Covid-19, penerapan Protkes 10 M harus diterapkan masyarakat,” ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kepri melalui Kabid Pengelolaan Komunikasi Publik Diskominfo Kepri Iskandar Zulkarnaen di Tanjungpinang, kemarin.


Menurut Iskandar, Protkes 10 M tersebut meliputi; pertama, Mencuci tangan dengan sabun atau handsanitizer selama 20-30 detik dengan handrub dan 40-60 detik dengan air mengalir.

BACA JUGA : Kiat Sehat Isolasi Mandiri di Rumah Bagi Pasien Covid-19

“Kedua, menggunakan masker sesuai aturan yakni menutup mulut,hidung dan dagu.Ketiga, menjaga jarak minimal 1 sampai 2 meter,” ujar Iskandar.

Keempat, Menghindari kerumunan, kelima membatasi mobilitas, keenam menjaga sirkulasi udara yakni dengan rutin membuka jendela 3 kali atau menghidupkan exhaust fan serta ketujuh dengan rutin melakukan pembersihan lingkungan baik dengan menggunakan isoprofil alkohol 70 persen, clorine 500 gram yang ditambahkan dengan 1 liter air.

“Kedelapan, meningkatkan daya tahan tubuh dengan pola hidup sehat dan tidur teratur, kesembilan, mengganti baju seusai beraktifitas dan kesepuluh, meningkatkan imun tubuh dengan selalu bersyukur dan bergembira” tegas Iskandar seperti dilansir kepriprov.go.id.

BACA JUGA : Testing dan Tracing Rendah, Positivity Rate Covid-19 di Kepri 38,4 Persen

Iskandar yakin, dengan disiplin melakukan 10 M tersebut penyebaran Covid-19 di masyarakat bisa ditekan.

“Selain itu, lebih baik menggunakan masker double atau ganda guna lebih memproteksi diri dari penularan Covid-19,” kata dia.

Ia menjelaskan, penggunaan masker double ini disarankan jika seseorang berada di tempat tertutup dan terdapat banyak orang di dalamnya. Siapapun tidak pernah mengetahui apakah oranag-orang yang berada di dalam satu ruangan terbebas dari virus corona.

“Seperti saat rapat di ruangan tertutup, dengan minimnya pertukaran udara atau sirkulasi 12 kali selama satu jam, mall atau tempat-tempat dengan ramai orang serta rumah sakit,” pungkasnya.

*****

Editor : YB Trisna

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin