Home Kepulauan Riau Batam

Cegah Corona, Pengawasan Kesehatan di Pelabuhan Batam Diperketat

99
Wali Kota Batam
Wali Kota Batam, Muhammad Rudi meninjau fasilitas kesehatan di Pelabuhan Feri Internasional, Batam Centre. Ia minta pengawasan kesehatan di pelabuhan-pelabuhan di Batam diperketat untuk mencegah masuknya virus corona ke Batam. (F: Barakata.id/IST)

Barakata.id, Batam – Pengawasan kesehatan di pelabuhan terutama pelabuhan internasional yang ada di Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri) harus diperketat. Hal itu untuk mencegah masuknya virus corona dari negara luar ke Batam melalui penumpang.

Posisi Batam sangat dekat dengan negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia menjadikan daerah ini sangat rentan dimasuki virus mematikan tersebut. Apalagi, nyaris setiap hari ratusan orang penumpang masuk dan keluar dari Batam menuju ke dua negara jiran tersebut.

“Kita minta agar ada pelapisan. Singapura yang begitu hebat saja bisa masuk virusnya, dan sekarang dalam status oranye. Maka kita harus waspada betul,” kata Wali Kota Batam, Muhammad Rudi di Batam, kemarin.

Baca Juga :
Jackie Chan Tawarkan Rp1,9 Miliar untuk Penemu Obat Corona

Ia memerintahkan pemeriksaan kesehatan di pintu masuk khususnya pelabuhan internasional lebih ditingkatkan agar tidak kecolongan dengan masuknya penumpang baik warga negara Indonesia (WNI) maupun asing (WNA) yang terpapar virus corona.

Selain menambah alat deteksi, Rudi juga meminta agar ada tambahan tenaga kesehatan di pelabuhan. Dengan demikian, pantauan atau pengecekan kesehatan penumpang bisa dilakukan orang per orang atau penumpang per penumpang.

“Kalau mengandalkan alat saja, ini berisiko. Karena informasinya panas ini bisa turun. Minum obat, satu jam panas turun. Maka butuh perhatian orang per orang. Harus ada kejelian,” ujarnya.

Selanjutnya, jangan bepergian ke luar negeri

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin