Home Kepulauan Riau Batam

Cegah Corona, Pedagang dan Pembeli di Pasar Bengkong Batam Mulai Diberi Jarak

131
Pasar Bengkong Laut
Tim Penanganan Covid-19 Kecamatan Bengkong meninjau Pasar Bengkong Laut. Pedagang dan pembeli di pasar itu akan mulai diatur jaraknya, dan wajib menggunakan masker. (F: barakata.id)

Barakata.id, Batam – Pedagang dan pembeli di pasar-pasar tradisional di Kota Batam mulai diberi jarak untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19). Mereka juga diwajibkan menggunakan masker.

Kecamatan Bengkong termasuk salah satu kecamatan yang mendapat perhatian khusus Pemerintah Kota (Pemko) Batam. Wilayah ini disebut-sebut sebagai salah satu zona merah dalam penularan Covid-19.

Karena itu, Tim Satgas Covid-19 Kecamatan Bengkong bergerak cepat melaksanakan rapat koordinasi dalam rangka penanganan penyebaran corona di wilayah tersebut. Kamis (30/4/20), tim bergerak meninjau ke Pasar Bengkong Laut.

Baca Juga :
5 Skema Perlindungan dan Pemulihan UMKM dari Covid-19

Koordinator Tim Penanganan Covid-19 Kecamatan Bengkong, Yumasnur meminta seluruh anggota tim berpadu dengan jajaran Kecamatan Bengkong untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Sudah banyak kegiatan yang kita usahakan baik tingkat kecamatan dan kota untuk mencegah penyebaran Covid-19 ini di lapangan. Kegiatan kita lakukan harus kita tingkatkan lagi, Batam terdapat lima zona merah salah satunya Kecamatan Bengkong,” kata Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Batam ini.

Menurut Yumasnur, peningkatan pencegahan dilakukan di berbagai pusat keramaian seperti pasar.

“Di pasar tempat masyarakat jual beli kita harus meningkatkan kegiatan kita lebih baik lagi tak hanya imbauan namun ada penegasan lagi,” tegasnya.

Kemudian membuat program kerja di antaranya mengarahkan penjual dan pembeli memakai masker serta menerapkan pembatasan jarak (social distancing).

Pasar Bengkong Laut
Tim Peanganan Covid-19 Kecamatan meninjau Pasar Bengkong Laut, Kamis (30/4/20). (F: barakata id/istimewa)

Ia mengatakan, penyebaran Covid-19 tidak hanya berdampak pada kesehatan. Covid-19 juga berdampak pada perekonomian Kota Batam.

“Kita harus bertindak cepat supaya penyebaran (Covid-19) ini stop,” kata dia.

Anggota Tim Penanganan Covid-19 Kecamatan Bengkong, Ardiwinata menambahkan, dengan menata pasar dengan mengatur jarak antara pedagang dan pembeli, maka tak ada lagi kerumunan.

“Kita juga akan mengelompokkan jenis barang yang dijual. Kita atur yang jual ikan di sini, lalu penjual buah, penjual sayur, akan diatur jaraknya,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam ini.

Senada dengan Yumasnur, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Batam (Kadisdukcapil) Kota Batam Said Khaidar menegaskan penanganan Covid-19 agar segera hilang di tengah masyarakat memang harus lebih tegas lagi.

“Ayo bersama kita kompak memutus mata rantai Covid-19,” tegasnya.

Pasar Bengkong Laut
Tim Penanganan Covid-19 Kecamatan Bengkong meninjau Pasar Bengkong Laut. Pedagang dan pembeli di pasar itu akan mulai diatur jaraknya, dan wajib menggunakan masker. (F: barakata.id)

Usai melaksanakan rapat koordinasi, Tim Koordinator Penanganan Covid-19 Kecamatan Bengkong meninjau Pasar Bengkong Laut, mengedukasi dan memberikan masker bagi warga yang kedapatan tak memakai masker saat keluar rumah.

Baca Juga :
Wali Kota Batam Tugaskan Kepala OPD Jadi Koordinator Penanganan Corona di Kecamatan

Sementara, Camat Bengkong, M Fairus R Batubara melaporkan, pihaknya sudah melaksanakan kegiatan memutus rantai penyebaran Covid-19. Di antaranya melakukan patroli bagi warga yang tak pakai masker, dan melakukan penyemprotan disinfektan di sekolah dan tempat ibadah.

“Kita juga melaksanakan imbauan kepada masyarakat sesuai edaran. Begitu juga Babinsa melakukan penyemprotan disinfektan, dan petugas puskesmas membawa ambulans berkeliling memberikan edukasi dan imbauan,” katanya.

Ia berharap dengan adanya koordinator penanganan Covid-19 di masing-masing kecamatan dari OPD Batam yang dibentuk oleh Wali Kota Batam, penanganan Covid-19 di daerah ini semakin meningkat dan berjalan lancar.

*****

Penulis : Ali Mhd

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin