Home Figure Catatan Najwa Shihab Soal Cinta dan Menikah Muda

Catatan Najwa Shihab Soal Cinta dan Menikah Muda

64
0
Najwa Shihab
Instagram/najwashihab
DPRD Batam

Barakata.id, Najwa Shihab merupakan salah satu tokoh perempuan yang menginspirasi di Indonesia. Dikenal sebagai jurnalis handal yang memiliki program utama dalam televisi dari namanya sendiri, sosok Najwa Shihab patut menjadi panutan.

Tak heran, segudang prestasi juga ia dapatkan selama puluhan tahun berkarir di dunia jurnalistik. Selain menjadi wanita karir dan berpendidikan tinggi, rupanya kehidupan cinta dari seorang Najwa Shihab juga ikut menjadi sorotan.

artikel perempuan

Najwa Shihab yang kerap disapa Nana ini ternyata menikah di usia muda yakni 20 tahun saat dirinya masih berkuliah semester tiga di Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI).

Lantas, bagaimana pandangan Najwa Shihab tentang cinta dan menikah muda?

Najwa Shihab mengaku menikah di usia muda yakni 20 tahun, namun keputusannya menikah muda tidak lantas membuatnya mewajarkan wanita lain mengikuti dirinya untuk menikah muda.

Menurut Nana, pernikahan adalah soal kesiapan mental. Nana yang masih berumur 19 tahun kala itu dilamar oleh kakak tingkatnya sewaktu berkuliah di UI, Ibrahim Sjarief Assegaf.

Nana pun membeberkan alasan dirinya merasa siap untuk menikah meski masih belum menuntaskan pendidikannya.

Nana menuturkan, rasa cinta yang datang untuk suaminya kala itu dapat dirasakan oleh hatinya. Menurutnya, cinta itu memang pembenarannya datang dari hati, bukan akal.

“Cinta itu enggak bisa dicari pembenarannya di akal, pembenarannya lewat hati. Dan terkadang kita hanya tahu sih,” kata Najwa, dikutip dari tayangan Youtube Merry Riana.

Untuk memantapkan pilihannya menikah muda, Najwa sampai beribadah umrah bersama orang tuanya dan melaksanakan salat istikharah.

Setelah itu, Nana merasa pilihannya sudah tepat dan dirinya enggan untuk menunda kebahagiaan bersama orang yang dia sayang.

“Cuma merasa menemukan orang yang tepat saja dan waktu itu mikirnya, kalau bisa bahagia sekarang kenapa menunda kebahagiaan,” kata Najwa.

Namun satu catatan penting dari Najwa Shihab ketika dirinya menikah muda adalah pendidikannya harus selesai.

Sebab, dirinya diizinkan menikah oleh orang tuanya dengan syarat bisa menyelesaikan pendidikan.

Bahkan Najwa Shihab sampai menunda kehamilan dan baru mengandung setelah dirinya memasuki semester akhir untuk skripsi.

Najwa juga mengingatkan, pernikahan bukan berpatokan pada umur. Sebab yang terpenting adalah mantap dengan pilihan lelakinya.

Di sisi lain, Najwa Shihab juga menegaskan untuk tidak menyarankan untuk menikah di usia yang sangat-sangat muda.

“Menurutku enggak ada usia minimum maksimum loh. Just as long as you sure, mau umur berapa, cuma ya jangan kemudaan,” jelas Nana.

Dapatkan update berita pilihan setiap hari bergabung di Grup Telegram "KATA BARAKATA", caranya klik link https://t.me/SAHABATKATA kemudian join.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin