Home Warta Ekonomi Cara Sederhana Agar Tagihan Listrik Tak Bengkak

Cara Sederhana Agar Tagihan Listrik Tak Bengkak

178
Tagihan Listrik Bengkak
Foto ilustrasi

Barakata.id, Batam – Setiap bulan kita harus membayar tagihan rekening listrik PLN. Terkadang kita pusing, tiba-tiba saja tagihan listrik bengkak dibanding tagihan bulan sebelumnya.

Tanpa kita sadari ternyata ada beberapa hal yang membuat tagihan listrik kita melonjak dibanding tagihan pemakaian sebelumnya. Padahal kita merasa pemakaian listrik di rumah biasa saja, tidak ada penambahan berarti.

Untuk diketahui, sebenarnya ada cara untuk menghindari agar tagihan rekening listrik tak membengkak. Caranya pun cukup sederhana dan mudah untuk kita lakukan.

Bukan hanya dapat menghemat pemakaian listrik, cara ini juga bisa menjadi langkah untuk mengantisipasi atau mencegah terjadinya kebakaran akibat korsleting listrik.

Bagaimana caranya?

Langkah paling sederhana yang bisa kita lakukan setiap hari adalah, selalu mencabut cas handphone dari cok sambung jika sudah tak dipakai lagi. Meski tampak sepela, ternyata banyak orang yang melupakan hal ini, lho.

Baca Juga :

Seringkali, setelah baterai handphone penuh, kita hanya mengambil handphone, tapi tidak ikut mematikan atau mencabut kontaknya.

Nah, tanpa kita ketahui, dengan kontak yang masih tersambung, aliran listrik masih terus mengalir dan habis memuai melalui kabel cas tersebut. Jika ini terjadi terus menerus, bisa jadi salah satu penyebab tagihan listrik bengkak.

Cara lainnya juga hampir sama dengan cas handphone itu, yaitu mematikan lampu penerangan. memang ini termasuk remeh dan karena itu kerap terabaikan.

Jika kita masuk ke kamar mandi atau ruangan lain dan menghidupkan lampu, sebaiknya segera matikan langsung setelah kita selesai. Atau, matikan peralatan penghangat nasi (magic com).

Banyak juga yang lupa mematikan lampu teras atau taman padahal hari sudah terang. Kebiasaan lain yang perlu dihindari adalah menumpuk penggunaan cok sambung. Ini bisa berakibat fatal, lho.

Baca Juga :

Vice President of Public Relation Bright PLN Batam, Samsul Bahri mengatakan, langkah berhemat dalam penggunaaan listrik, bukan saja bermanfaat bagi diri kita, tapi juga bagi anak cucu kita kelak.

“Bahan bakar listrik ini banyak yang tak bisa diperbarui, disel, gas, batu bara, semua itu habis terpakai,” ungkap Samsul.

Nah, kalau kita dapat menghemat dalam penggunaaan listrik, maka ketersediaan bahan bakar penghasil listrik ini tentu akan bertahan lama.

Untuk itu, Samsul mengimbau kepada seluruh pelanggan PLN agar bisa berhemat dalam penggunaan listrik, demi ketersediaan bahan bakar, agar anak-cucu kita juga dapat menikmati listrik.

“Matikan aliran listrik yang tidak perlu atau setelah kita menggunakannya. Selain bisa menekan pemakaian listrik, juga membantu menghemat energi agar bisa dinikmati anak cucu kita di masa depan,” kata dia.

*****

Editor : YB Trisna

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin