Beranda Urban Ekonomi

Cara Pindah Pelanggan Listrik dari Token ke Pascabayar di PLN Batam

2172
0
Cara Pindah Listrik Token ke Pascabayar
Ilustrasi. Pelanggan mengecek mencocokkan tagihan listrik dengan meteran listrik.
DPRD Batam

Barakata.id, Batam – Saat ini, cukup banyak masyarakat yang menggunakan listrik dengan sistem token atau pulsa. Sistem listrik token ini memang punya kelebihan dimana pelanggan bisa membatasi langsung pemakaian listriknya.

Meski demikian, sistem ini juga memiliki kelemahannya. Terutama kalau pelanggan lupa membeli pulsa token.

Ikuti saluran Barakata.id di WhatsApp klik disini

Kalau sudah begitu, maka bersiapkan listrik tidak mengalir ke rumah. Karena itu, tidak sedikit juga pelanggan PLN yang setelah menggunakan token listrik ingin beralih atau pindah menjadi pelanggan dengan sistem pascabayar.

Apakah bisa? Tentu saja bisa. Bagaimana cara pindah pelanggan listrik dari token ke pascabayar?

BACA JUGA : 6 Langkah Menggunakan Layanan Virtual PLN Batam

Yoga Perdana dari Bagian Kehumasan bright PLN Batam mengatakan, bagi pelanggan yang merasa ribet atau kurang nyaman menggunakan meteran token karena harus bolak-balik membeli pulsa, boleh mengajukan peralihan ke meteran pascabayar.

“Caranya cukup mudah, dan syaratnya pun sangat ringan. Pelanggan hanya perlu datang ke kantor area pelayanan PLN Batam terdekat. Kemudian isi formulir pengajuan pindah meteran,” kata Yoga di Batam Centre, kemarin.

Adapun syarat yang harus dilengkapi oleh pemohon adalah; fotokopi KTP, fotokopi sertifikat rumah atau bangunan atas nama pemohon, serta foto meteran listrik.

BACA JUGA : Begini Cara Pindahkan Tiang Listrik atau Meteran PLN Batam

Setelah pengajuan masuk ke dalam sistem, selanjutnya petugas bright PLN Batam akan melakukan survei ke lokasi pemohon. Setelah tahapan survei selesai, pelanggan tinggal menunggu proses pergantian sistem meteran.

“Kalau hasil survei menunjukkan semuanya aman dan tak ada masalah, paling lambat dalam waktu tiga hari sudah diganti,” pungkas Yoga.

*****

Editor : YB Trisna