Home Nusantara

Cara Mudah untuk Sehat

30
Tips sederhana untuk selalu sehat.
Cuci tangan pakai sabun, cara sederhana untuk sehat. F Kemkes.go.id.

Barakata.id, Batam – Kesehatan menjadi sesuatu yang sangat penting. Sebab begitu sakit, banyak biaya yang harus dikeluarkan masyarakat. 

Tapi, ada beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan masyarakat untuk ikhtiar selalu sehat. 

Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin membocorkan salah satu caranya. “Cara mudah untuk sehat itu, dengan selalu mencuci tangan menggunakan sabun,” kata Budi dilansir laman Kemkes.go.id. 

Cuci tangan adalah tips sederhana yang harus dibiasakan masyarakat. Cuci tangan dinilai lebih efektif mencegah penularan infeksi masuk ke dalam mulut melalui tangan. 

Baca juga : Canangkan Kampung Germas, Wakil Gubernur Kepri Ajak Gaya Hidup Sehat

“Berbagai jenis infeksi yang menular melalui mulut, tidak akan terjadi apabila kita membiasakan mencuci tangan pakai sabun. Hal ini dapat juga mengurangi dan mencegah terjadinya diare pada anak,” ujar Budi. 

Oleh sebab itu, Budi meminta seluruh masyarakat Indonesia membiasakan untuk mencuci tangan. Kebiasaan ini ditanamkan sejak dini. 

Sehingga meningkatkan kesadaran masyarakat, dalam menjaga kesehatan dengan mencuci tangan. 

Budi mengatakan sosialisasi mencuci tangan ini, tidak hanya tugas Kemenkes atau para petugas kesehatan. Namun, ini juga menjadi tugas dari seluruh lapisan masyarakat. 

Baca juga : Rekomendasi Camilan Sehat Penambah Gizi yang Baik untuk Tubuh

Kampanye cuci tangan ini bisa menjadi program kesehatan dan gerakan bersama. Budi berharap keterlibatan berbagai organisasi masyarakat. 

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes dr. Maxi Rein Rondonuwu mengatakan cuci tangan pakai sabun saat ini merupakan salah satu fokus utama dari program nasional sanitasi total, berbasis masyarakat yang diselenggarakan oleh pemerintah Indonesia.

“Cuci tangan merupakan teknik dasar penting, mencegah penyebaran penyakit menular. Tingkat keberhasilannya 85 persen mencegah penyakit,” ujarnya. 

Dapatkan update berita setiap hari di Barakata.id. Yok! bergabung di Grup Telegram "KATA BARAKATA", caranya klik link https://t.me/SAHABATKATA, kemudian join. Juga ikuti Barakata.id di Google Berita. Lihat selengkapnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin