Home Kepulauan Riau Batam

Cara Mengirim Angka Pemakaian Listrik Lewat Aplikasi Website PLN Batam

155
Petugas PLN Batam
Ilustrasi. Petugas PLN Batam mengecek meteran listrik di rumah pelanggan. Selama masa pandemi Covid-19, PLN Batam menyediakan aplikasi website untuk memudahkan pelanggan mengirimkan angka pemakaian listriknya. (F: dok. PLN Batam)

Barakata.id, Batam – PLN Batam telah meluncurkan aplikasi berbasis website yang bisa diakses di www.plnbatam.com. Aplikasi ini untuk memudahkan pelanggan mengirimkan foto pencatatan pemakaian listriknya.

Seperti diketahui, selama masa pandemi corona (Covid-19), bright PLN Batam tidak melaksanakan pencatatan angka stand kWh meter pemakaian pelanggan yang biasanya dilakukan oleh petugas lapangan. Kebijakan itu sebagai bentuk dukungan terhadap langkah pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaranCovid-19.

Denny Hendri Wijaya, Corporate Secretary PT PLN Batam mengatakan, peluncuran aplikasi berbasis website ini merupakan solusi yang ditawarkan pihaknya kepada pelanggan. Karena itu, ia memohon kesediaan pelanggan untuk mengirimkan foto angka stand meter melalui www.plnbatam.com yang disediakan PLN Batam mulai 26 hingga 30 April 2020.

Namun, lanjut Denny, jika pelanggan tidak dapat mengirimkan foto angka stand kWh meter melalui aplikasi wesbite tersebut, maka pencatatan meter akan menggunakan data historical pemakaian sebelumnya untuk tagihan bulan Mei 2020.

Baca Juga :
PLN Batam Gratiskan 3 Bulan Tagihan Pelanggan 450 VA

Menurut Denny, kebijakan ini diberlakukan agar pelanggan nyaman, tenang, tidak repot dan tidak khawatir sehingga tidak ada interaksi dengan petugas. Program ini berlaku sampai dengan adanya imbauan lebih lanjut dari pemerintah terkait dengan status Covid-19 khususnya di Batam.

“Selama pandemi ini, kami mengupayakan inovasi untuk memudahkan pelanggan dalam menikmati layanan ketenagalistrikan di rumah. Apalagi kita diimbau oleh pemerintah untuk beraktivitas di rumah,” katanya dalam siaran pers yang diterima barakata.id, Kamis (23/4/20).

“Salah satu inovasi dengan aplikasi Entri Stand Meter, pelanggan cukup foto angka stand kWh meter dan masukkan angka stand kWh meter lalu kirim. Aplikasi ini diharapkan lebih efektif selama situasi pandemi seperti ini.”

“Jadi nanti pelanggan mengirimkan angka stand kWh meter melalui aplikasi di website bright PLN Batam,” sambung Denny

Baca Juga :
Cara Mengambil Token Listrik Gratis dari PLN

Berikut cara mengirimkan angka stand kWh meter pelanggan melalui aplikasi website PLN Batam :

1. Pelanggan dapat membuka website www.plnbatam.com melalui handphone

2. Pilih menu Entri Stand

3. Masukkan nomor ID pelanggan, nomor handphone serta kode unik yang ditampilkan

4. Foto angka stand kWh meter kemudian klik LANJUT kemudian pilih YA jika pelanggan sudah merasa yakin dengan hasil fotonya

5. Terakhir masukkan angka stand kWh meter yang sudah difoto kemudian klik SUBMIT, hingga muncul tulisan DATA TERSIMPAN

Baca Juga :
Cegah Corona, PLN Batam Sumbang 19 Mobile Wastafel dan 1.000 Handsanitizer

Denny mengatakan, apabila pelanggan tidak dapat mengirimkan angka stand kWh meter maka pihaknya akan menggunakan historical pemakaian pelanggan pada periode sebelumnya. Jika ada pengaduan atau keluhan pelanggan terkait ketidaksesuaian pencatatan stand akhir kWh meter atau perhitungan rekening, akan diperhitungkan pada rekening bulan berikutnya, sehingga pelanggan tetap tidak akan dirugikan.

“Pengaduan bisa langsung disampaikan ke Contact Center bright PLN Batam di nomor 123 (0778-123).

Pada kesempatan ini, Denny juga memastikan bahwa pasokan energi listrik selama bulan Ramadan sampai Hari Raya Idul Fitri tercukupi dan aman. Meski demikian, pelanggan tetap diiimbau untuk melakukan pengendalian pemakaian energi listrik.

Untuk kemudahan pembayaran rekening listrik, pelanggan dapat melakukan pembayaran secara online melalui ATM, Internet Banking, SMS Banking atau Aplikasi pembayaran Digital lainnya.

Tidak hanya pembayaran, pelanggan juga dapat menggunakan pelayanan secara online melalui Contact Center bright PLN Batam 123 (0778-123). Nomor tersebut bisa dimanfaatkan baik untuk layanan informasi tagihan, sambung baru, perubahan daya, penyambungan sementara maupun pengaduan pelanggan.

*****

Editor : Yuri B Trisna

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin