Home Warta

Cara Daftar dan Mendapatkan BLT hingga Rp17,4 Juta

BLT Gaji Pekerja 2021
Foto ilustrasi. Bantuan Langsung Tunai (BLT)
Advertisement

Barakata.id, Batam – Pemerintah masih melanjutkan program Bantuan Langsung Tunai (BLT) hingga tahun ini. Jika ditotal, jumlah BLT yang diterima satu keluarga bisa mencapai Rp17,4 juta dalam setahun.

Tujuan dari pemberian bantuan tersebut membuka akses keluarga miskin dan rentan miskin memperoleh tingkat kesejahteraan baik itu kesehatan dan pendidikan yang lebih baik.

Namun, hingga kini, masih banyak masyarakat yang bertanya-tanya, bagaimana cara daftar dan mendapatkan BLT tersebut?

Advertisement

Seperti diketahui, pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) menyalurkan sejumlah BLT dalam Program Keluarga Harapan (PKH). BLT tersebut akan disalurkan kepada ibu hamil, balita atau anak usia dari 0 sampai 6 tahun, dengan nilai bantuan sebesar Rp6 juta dalam setahun.

Baca Juga :

Rincian dari BLT PKH itu adalah, untuk ibu hamil sebesar Rp3 juta dan balita atau anak usia dini senilai Rp3 juta setahun atau Rp750.000 per tiga bulan.

Kemudian, ada juga BLT untuk anak sekolah yang bisa menerima bantuan sebesar Rp4,4 juta setahun. Rinciannya, untuk pelajar SD sebesar Rp900.000 setahun atau Rp225.000 per tiga bulan.

Lalu untuk pelajar SMP sebesar Rp1,5 juta setahun atau Rp375.000 per tiga bulan, dan untuk pelajar SMA sebesar Rp2 juta setahun atau Rp500.000 per tiga bulan.

Selain itu, ada pula BLT untuk kalangan lanjut usia (lansia) dengan umur di atas 70 tahun sebesar Rp2,4 juta setahun atau Rp600.000 per tiga bulan. Ada lagi BLT untuk penyandang disabilitas berat menerima BLT 2,4 juta atau Rp600.000 per tiga bulan.

BLT PKH tersebut diberikan dalam kurun waktu satu tahun dengan 4 kali masa pencairan dimulai Januari, April, Juli dan Oktober. Bantuan tunai itu bisa diambil di Bank BUMN yang telah ditunjuk, yakni BTN, BRI, BNI, dan Mandiri.

Cara Mendaftar BLT PKH

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin