Home Kepulauan Riau Natuna Bupati Natuna Ingatkan Kades Hati-Hati Gunakan Dana Desa

Bupati Natuna Ingatkan Kades Hati-Hati Gunakan Dana Desa

Bupati Natuna, Hamid Rizal melantik 33 Kades se-Kabupaten Natuna periode 2020-2026 di Gedung Sri Serindit, Natuna, Rabu (22/1/20). (F: Barakata.id)

Barakata.id, Natuna – Bupati Natuna, Hamid Rizal mengingatkan kepala desa (kades) hati-hati menggunakan dana desa. Kades juga dituntut supaya mampu menjalankan program pemerintah yang disusun berdasarkan musyawarah rencana pembangunan desa (musrenbangdes).

“Jalankan amanah itu dengan tulus, ikhlas serta semangat yang tinggi, untuk mewujudkan aspirasi masyarakat demi kemajuan desa,” ujar Hamid saat melantik 33 kades se-Kabupaten Natuna periode 2020-2026 di Gedung Sri Serindit, Natuna, baru-baru ini.

Hamid mengingatkan para kades dapat menggunakan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) dengan bijaksana, sesuai petunjuk teknis dan aturan yang berlaku.

“Tanggung jawab seorang kepala desa itu sekarang sangat berat, karena Dana Desa sangat besar. Jadi hati-hati menggunakan dana desa,” katanya.

Baca Juga :
Wakil Bupati Ngesti Yuni Ajak Semua Pihak Dukung Pembentukan Provinsi Khusus Natuna

Ia meminta para kades selalu mengikuti koridor yang telah menjadi ketentuan dalam penggunaan ADD maupun DD untuk membangun desanya.

“Jalankan program kerja dengan baik, tanpa melanggar aturan hukum. Karena setiap aparat hukum itu selalu memantau dan mengawasi penggunaan Dana Desa tersebut,” kata dia.

Pengambilan sumpah dan pelantikan kades, lanjut Hamid, merupakan amanat dari undang-undang yang harus dilaksanakan. Karena hal itu bertujuan untuk memberikan pelayanan dan pembinaan pemberdayaan masyarakat yang ada di tingkat desa agar terus berlanjut.

Hamid meminta 33 kades yang dilantik supaya bersinergi dengan pemerintah kecamatan dan kabupaten, serta dapat melaksanakan program kerja yang mengacu pada musrenbangdes yang telah dibuat di tahun sebelumnya.

“Jalankan amanah itu dengan tulus, ikhlas serta semangat yang tinggi, untuk mewujudkan aspirasi masyarakat demi kemajuan Desa,” ujarnya.

Bupati Natuna, Hamid Rizal. (F: Barakata.id)

Setiap kades diimbau selalu menerapkan sistem gotong royong dan musyawarah dalam setiap pelaksanaan kegiatan, agar selalu tercipta suasana yang kondusif di lingkungan desa.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Natuna, Anrizal Zen berharap para kades terpilih bekerja dengan baik untuk
memajukan desa terutama mewujudkan desa berkembang menjadi desa maju dan mandiri.

Baca Juga :
KPU Luncurkan Pilkada Natuna 2020, Ngesti Yuni: Kita Harus Adil dan Profesional

Anrizal menuturkan, para ades dapat mengelola Dana Desa sesuai aturan, dan musyawarah agar masyarakat desa sejahtera.

“Jadilah kades yang amanah dan ikhlas dalam mengemban tugas. Ikuti aturan, hindari korupsi, kolusi, dan nepotisme serta tingkatkan koordinasi bersama camat, tenaga ahli, dan PMD,” tuturnya.

Hadir dalam pelantikan tersebut sejumlah pejabat Natuna seperti, Ketua DPRD Andes Putra, Wakil Bupati Ngesti Yuni Suprapti, Sekda Wan Siswandi, pimpinan FKPD, dan kepala dinas Pemkab Natuna.

*****

Penulis : Edi Zamri

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin