Home Nusantara Bupati Blitar Serahkan 325 Sertifikat Kepada Pelaku UMKM Untuk Mendukung Permodalan

Bupati Blitar Serahkan 325 Sertifikat Kepada Pelaku UMKM Untuk Mendukung Permodalan

Bupati Blitar Serahkan Sertifikat Kepada Pelaku UMKM
Bupati Blitar Rini Syarifah secara simbolis serahkan 325 Sertifikat kepada pelaku UMKM untuk mendukung permodalan. (foto: ahmad/barakata.id)
Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Barakata.id, Blitar (Jatim) – Bupati Blitar Rini Syarifah menyampaikan pentingnya kepemilikan sertifikat tanah bagi semua elemen masyarakat. Hal itu dikarenakan sertifikat tanah sebagai bukti atas tanah yang dimiliki.

Hal tersebut disampaikan Rini Syarifah saat menyampaikan sambutan dalam Penyerahan Sertifikat Tanah Aset Pemerintah Kabupaten Blitar dan Sertifikat Tanah Bagi Usaha Mikro’ di Pendopo Ronggo Hadi Negoro, Selasa (23/11/2021).

Menurut Mak Rini, sapaan akrab Bupati Blitar, adanya sertifikat tanah selain sebagai bukti kepemilikan tanah, juga untuk memberikan perlindungan, serta memberikan kepastian hukum atas tanah.

Baca juga : Resmikan Gedung Baru Polres Blitar, Bupati Rini Syarifah Berharap Pelayanan Masyarakat lebih Cepat dan Akurat

“Jadi agar aman, dengan adanya kepemilikan sertifikat. Jadi fungsi sertifikat tanah jelas sangat penting. Fungsinya salah satunya untuk mengurangi kemungkinan sengketa (tanah) yang bisa terjadi,” ucapnya.

Lebih lanjut, pada momen yang bersamaan dengan penyampaian pentingnya sertifikat tanah, Mak Rini juga menyerahkan 100 sertifikat tanah aset Kabupaten Blitar. Kemudian juga diserahkan sebanyak 325 sertifikat kepada pelaku UMKM.

Dirinya menyebut, setelah sertifikat dengan jumlah tersebut sudah diserahkan, diharapkan untuk sertifikat yang lain akan segera menyusul.

Baca juga : Pemdes Kemloko Gelar Pilkades PAW, Bupati Blitar Berharap Ada Peningkatan PAdes oleh Kades Baru Ini

Mak Rini berharap proses pengerjaan harus sertifikat harus dikerjakan dengan baik. Selain itu, juga harus ada bantuan dari pihak lain, tidak mungkin Badan Pertanahan Nasional (BPN) berkerja sendiri.

“Artinya harus ada sinergitas. Pesan kepada Pak lurah yang ada di lapangan kita harus berkolaborasi, Pokja, itu tadi yang harus kita percepat supaya kita nanti lebih cepat dalam mengerjakan sertifikat,” tandasnya.

Hal senada diungkapkan Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Blitar, Dadang M. Fuad, bahwa setiap unsur, seperti camat, kepala desa, dan lurah harus saling berkolaborasi dengan baik untuk mendukung upaya yang dilakukan oleh pihaknya.

Baca juga : Cegah Kehamilan, Pemkab Blitar melalui DPPKBP3A Gelar KB Tubektomi

“Tanpa pokmas, tanpa adanya pak lurah kita pasti keteteran dalam menyelesaikan pekerjaan, tapi karena adanya semangat mereka dalam membantu ternyata penyelesaiannya bisa lebih baik,” pungkasnya. (adv/kmf/jun).

SebelumnyaSatpol PP Kota Blitar Gunakan DBHCHT Untuk Sosialisasi dan Bantuan Sembako
SelanjutnyaKetum Perkit Silaturahmi ke Kapolda Kepri, Anggelinus: Perkit Komitmen Jaga Kamtibmas

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin