Home Nusantara Bupati Blitar Launching Kampung Pancasila, Jangan Hafal Silanya Saja!

Bupati Blitar Launching Kampung Pancasila, Jangan Hafal Silanya Saja!

24
0
Bupati Blitar Rini Syarifah bersama Forkompinda gunting pita
Bupati Blitar Rini Syarifah bersama Forkompinda gunting pita, bertanda Desa Gaprang, Kecamatan Kanigoro Resmi menjadi Kampung Pancasila. (foto : achmad/barakata.id)
DPRD Batam

Barakata.id, Blitar – Bupati Blitar Rini Syarifah atau biasa disebut Mak Rini melaunching ‘Kampung Pancasila’ di Desa Gaprang, Kecamatan Kanigoro, pada Senin (21/3/2022) bersama seluruh jajaran Forkompinda serta beberapa elemen masyarakat sekitar.

Dalam sambutan, bupati Blitar menuturkan mengapa Kampung Pancasila dibentuk?, sebab, hal ini adalah upaya untuk memantapkan solidaritas dan meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan antar warga atau masyarakat terlebih dalam toleransi umat beragama.

artikel perempuan

“Selain itu, julukan Kampung Pancasila itu sendiri diberikan bagi desa yang dijadikan contoh menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Baca juga : Bupati Blitar Sarankan Pelaku Barang Dan Jasa Pemerintah Harus Kompeten Dan Berintergeritas

Tambah lagi, kata Mak Rini, Kampung Pancasila’ ini dibentuk, tujuannya untuk menciptakan media pembelajaran penerapan Pancasila bagi masyarakat luas, menumbuhkan kerukunan antar masyarakat, menanamkan nilai-nilai Bhineka Tunggal Ika, serta menanamkan pemahaman bahwa seluruh warga negara Indonesia wajib menerapkan sila-sila Pancasila dalam berbangsa dan bernegara.

“Masyarakat tidak hanya hafal sila-sila Pancasila saja, dan yang terpenting masyarakat dapat mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat sehari-hari. Disamping itu, Kampung Pancasila adalah suatu aplikasi dan internalisasi nilai-nilai pancasila sebagai konsekuensi moral, sosial, budaya dan ekonomi dalam mendukung pembangunan yang berkelanjutan,” tandasnya.

Lebih lanjut Mak Rini berharap kepada masyarakat kabupaten Blitar untuk dapat mengamalkan nilai-nilai Pancasila sesuai fungsi dan perannya masing-masing. Menurutnya, segala perbedaan justru dapat menjadi semangat untuk bersatu, menciptakan masyarakat yang rukun, santun, dan harmonis dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika.

Baca juga : Bupati Blitar Serahkan 325 Sertifikat Kepada Pelaku UMKM Untuk Mendukung Permodalan

“Sehingga, marwah masyarakat kabupaten Blitar yang selalu hidup bergotong- royong dan saling tenggang rasa, harus ditingkatkan kembali. Hal ini cepat mendukung upaya Pemkab Blitar dalam mewujudkan kabupaten Blitar yang mandiri dan sejahtera,” pungkasnya.

(adv/kmf/jun)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari bergabung di Grup Telegram "KATA BARAKATA", caranya klik link https://t.me/SAHABATKATA kemudian join.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin