Home Nusantara Bupati Blitar Launching Ambulance Call Center WINGS RSUD Wlingi

Bupati Blitar Launching Ambulance Call Center WINGS RSUD Wlingi

Ambulance Call Center WINGS RSUD Wlingi
Bupati Blitar Rini Syarifah didampingi Sekretaris daerah dan Direktur RSUD Ngudi Waluyo Wlingi melihat kelengkapan ambulan WINGS. (Foto : istimewa)
Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Barakata.id, Blitar (Jatim) Bupati Blitar Rini Syarifah didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Blitar Izul Mahrom dan Direktur RSUD Ngudi Waluyo Wlingi dr. Endah Woro Utami melaunching Wlingi Emergency Medical (WINGS) ambulance call center milik Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ngudi Waluyo Wlingi, di Pendopo Agung Ronggo Hadi Negoro, pada Selasa siang (16/11/2021) yang diikuti oleh kepala Puskesmas se-kabupaten Blitar melalui zoom meetings. 

Dalam kesempatanya, Mak Rini, sapaan akrap bupati Blitar menuturkan, bahwa WINGS ini merupakan inovasi luar biasa dari RSUD Ngudi Waluyo Wlingi yang tujuannya untuk memberikan layanan ambulans kegawatdaruratan bagi seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Blitar.

“Untuk itu, saya berharap hadirnya ambulance quick respon ini, kegawatdaruratan bisa teratasi dengan cepat dan tepat. Contohnya seperti kecelakaan lalu lintas, ibu mau melahirkan, dan kegawatdaruratan medis lainya yang harus cepat mendapatkan pertolongan dan segera bisa teratasi. Kemudian layanan ini gratis untuk seluruh lapisan masyarakat yang membutuhkan,” kata Mak Rini di hadapan kepala dan staf, karyawan Puskesmas se-Kabupaten Blitar dalam arahannya.

Baca juga : Zero Stunting Target Bupati Blitar Saat Melantik Penggerak PKK, Apa Alasanya?

Kemudian, Direktur RSUD Ngudi Waluyo Wlingi dr Endah Woro Utami menambahkan, ambulan tersebut juga dilengkapi dengan standar kelengkapan medis, seperti mulai oksigen, alat persalinan, alat kegawatdaruratan, hingga obat-obatan.

Ambulance WINGS RSUD Wlingi
Kelengkapan yang dimiliki Ambulan Wings RSUD Ngudi Waluyo Wlingi.(foto: hasil tangkapan Youtube Pemkab Blitar).

Lalu ia menyebut, ambulan yang telah dimiliki rumah sakit tersebut sebanyak empat armada WINGS yang beroperasi selama 24 jam, dan kelengkapannya telah dicek setiap harinya untuk memberikan pelayanan yang bersifat emergency.

Kata dia, agar layanan ini bisa optimal, ke depan RSUD Ngudi Waluyo Wlingi akan melakukan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan seluruh camat dan kepala desa/lurah se-Kabupaten Blitar, kepolisian, BPBD, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial dan Fatayat NU untuk mempercepat layanan.

Baca juga : Gelar Upacara Hari Pahlawan, Bupati Blitar Ajak Bersemangat Membangun Daerah

“Pelatihan dengan kompetensi emergency call sudah kita laksanakan. Diantaranya ada 10 dokter, 22 perawat, 4 driver dan 4 administrator,” sebut Woro.

Sedangkan untuk mengakses layanan WINGS, masyarakat cukup menghubungi call center di nomor 082233331338. (adv/Kmf/jun)

SebelumnyaDisnaker Kabupaten Blitar Bersama BP2MI Jatim Gelar Sosialisasi Perlindungan PMI
SelanjutnyaAntisipasi Bencana Akhir Tahun, Masyarakat Diminta Lebih Waspada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin