Home Nusantara Bulan Bhakti Nelayan, Politikus Gerindra Endro Hermono Gelar Pelatihan

Bulan Bhakti Nelayan, Politikus Gerindra Endro Hermono Gelar Pelatihan

39
Bulan Bhakti Nelayan
Peserta selain mendapatkan pelatihan, juga diberikan bantuan peralatan olahan makanan. (Foto: dok/tim EH)
Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Barakata.id, Blitar (Jatim) – Indonesia merupakan negara maritim yang kaya akan sumberdaya lautnya. Meski demikian, justru nelayan yang hidup di pesisir laut banyak yang kurang mampu. Penyebabnya, karena hanya sedikit keluarga nelayan yang mampu mengolah hasil laut untuk memberi nilai tambah ekonomi.

Untuk itu, di bulan Bhakti Nelayan tahun 2021 ini, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang difasilitasi oleh politikus Partai Gerindra Endro Hermono menggelar pelatihan olahan makanan dari hasil laut di Desa Serang Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar, sekitar seminggu yang lalu.


Menurut Endro Hermono, bahwa pelatihan ini diadakan, tujuannya adalah untuk meningkatkan pendapatan keluarga nelayan, juga sebagai upaya untuk menggalakkan program Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan atau Gemarikan.

Baca juga : BPJAMOSTEK Tulungagung Sosialisi Kepada Ahli Waris Penerimaan Manfaat Program BPU

“Melalui pelatihan ini, peserta dapat memanfaatkan pelatihan dengan baik, sehingga ke depannya dapat menjadi salah satu peluang alternatif untuk berusaha yang dapat meningkatkan pendapatan keluarga,” ujarnya, dalam keterangan tertulis yang di sampaikan ke barakata.id, pada Sabtu (2/10/2021).

Ia menambahkan, mengingat Kabupaten Blitar juga merupakan salah satu kabupaten penyangga hasil laut nasional, maka, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar perlu menaruh perhatian besar terhadap masyarakat pesisir, dimana sebagai ujung tombak penangkapan ikan laut.

“Caranya, dengan memberikan pelatihan budidaya ikan laut, serta memberikan bantuan benih, diharapakan mampu menambah penghasilan nelayan disaat hasil tangkapan sepi,” tandas Endro.

Pelatihan ini juga mendapat apresiasi dari Dirjen Perikanan Tangkap, Zulficar Mochtar serta para peserta pelatihan. Dimana, di dalam pelatihan juga diberikan bantuan berupa sembako, alat olahan ikan dan Toolkit untuk kapal penangkap ikan kepada para nelayan.

Baca juga : Budaya Menghitung Fase Bulan bagi Nelayan Lamahala Jaya, Antarkan Siswi MAN 1 Flotim Lolos Seleksi Myres 2021

“Saya sungguh senang mas mendapat bantuan toolkit perahu dari pemerintah sekaligus pelatihannya. karena alat yang ada sudah lama rusak dan perlu diganti,” ungkap Nuryati (45), saat menanggapi bantuan tersebut.

Terakhir sekedar informasi, yang turut hadir pada acara tersebut yakni Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blitar Toha mashuri, Camat, Kapolsek, Danramil (Panggungrejo), serta Kepala Desa Serang, Dwi Handoko Pawiro.(yan)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin