Home Warta Budaya Menghitung Fase Bulan bagi Nelayan Lamahala Jaya, Antarkan Siswi MAN 1...

Budaya Menghitung Fase Bulan bagi Nelayan Lamahala Jaya, Antarkan Siswi MAN 1 Flotim Lolos Seleksi Myres 2021

83
Siswi MAN 1 Flotim, lolos seleksi di Myres 2021
Ummi Athiyah, Siswi MAN 1 Flores Timur, NTT lolos seleksi di Myres 2021. F: Barakata.id/ist
Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Barakata.id, Larantuka- Siswi Madrasah Aliya Negeri (MAN) 1 Flores Timur (Flotim), NTT, Ummi Athiyah lolos seleksi 50 besar  tingkat nasional lomba Madrasah Young Researchers Super Camp (MYRES) 2021.

Proposal terbaik untuk bidang Sosial dan Humaniora yang menghantarkan Ummi ke tingkat nasional, berjudul “Budaya Menghitung Fase Bulan Masyarakat Nelayan Desa Lamahala Jaya Kecamatan Adonara Timur, Kabupaten Flores Timur”.


Sementara metode penelitian yang akan digarap Ummi yakni  penelitian kualitatif.
Dalam penelitian ini, Ummi akan menggali tentang bagaimana masyarakat nelayan Desa Lamahala Jaya menghitung fase bulan.

Baca juga: 3.805 Calon Mahasiswa Diterima di UGM Jalur CBT UM

Dikutip dari  website resmi Kemenag Kabupaten Flores Timur, Ummi dibimbing oleh Hafsari Ramadhani AP. S.Pd, Guru Mata Pelajaran PPKN di sekolah tersebut. Proses pembimbingan dilaksanakan di MAN 1 Flotim setelah kegiatan belajar mengajar  selesai dilaksanakan.

“Terima kasih saya haturkan kepada pihak MAN 1 Flotim yang telah mempercayakan saya untuk membimbing Ummi dalam Kompetisi MYRES Tahun 2021. Doakan kami agar dapat mempersembahkan hasil terbaik bagi Nusa Bunga bumi Flores Timur,” ungkap Hafsari, Selasa (24/8/2021).

Baca juga: Segudang Prestasi Antarkan Anak Buruh Bangunan ini ke UGM

Kepala Sekolah MAN 1 Flotim, Hasan Sanga Pure S.Pd, mengatakan prestasi yang diraih anak didiknya itu merupakan sebuah kebanggaan bagi Madrasah atas prestasi yang ditorehkan.

“Ini baru langkah awal. Jalan masih panjang. Harapan kami, Ummi bisa melaju lebih jauh lagi pada kompetensi MYRES Tahun 2021, Madrasah akan mendukung penuh demi terwujudnya cita-cita bersama,” ungkap Hasan Sanga Pure.

Baca juga: Penerimaan Siswa Baru di Batam Dibuka 8 Juni 2021

Kegiatan lomba MYRES 2021 merupakan kerjasama antara pihak  Deriktorat Jenderal KSKK dan Direktorat Jenderal Pendidiksn Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.

Kegiatan ini dibagi menjadi 3 rumpun disiplin ilmu yaitu Sains, Matematika dan Pengembangan Teknologi, Bidang Ilmu Keagamaan, Bidang  Sosial dan Humaniora.  Untuk engumuman hasil seleksi tahap pertama telah dilaksanakan pada  21 Agustus 2021.

Baca juga: Ayo Daftar, Kementerian Pendidikan Buka Beasiswa Unggulan

Para peserta yang telah lolos ke fase selanjutnya akan mempresentasikan proposalnya secara virtual pada 28-29 Agustus 2021.  Pengumuman seleksi Proposal Terpilih tahap II dilaksanakan pada tanggal 31 Agustus 2021,  workshop tahap proposal daring akan dilaksankan pada tanggal 05-06 September 2021.

*****
Editor: Ali Mhd

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin