
Barakata, Batam – Badan Pengusahaan Batam (BP Batam) memastikan bahwa pelayanan di Pelabuhan Ferry Batam Centre tetap berjalan maksimal, meskipun terdapat kendala pengoperasian pada salah satu dermaga atau ponton.
Kepala Biro Humas Promosi dan Protokol BP Batam, Ariastuty Sirait, menyatakan bahwa pihaknya terus berupaya menjaga kualitas layanan demi kenyamanan penumpang.
Baca juga: BP Batam Siapkan Layanan Optimal Sambut Natal 2024 dan Tahun Baru 2025
“Sejauh ini tidak ada kendala (pelayanan). Ponton C di Pelabuhan Batam Centre memang belum dioperasikan karena berkaitan dengan investasi pengelola sebelumnya. Komunikasi pun terus dilakukan untuk menyelesaikan persoalan ini,” ujar Tuty, panggilan akrabnya, Rabu (18/12/2024).
Optimalisasi Operasional dan Peningkatan Inovasi
Dalam menjaga kelancaran operasional di tengah kendala, BP Batam meminta seluruh stakeholder di Pelabuhan Ferry Batam Centre untuk mengoptimalkan aset yang tersedia. Selain itu, berbagai inovasi pelayanan akan terus ditingkatkan, termasuk penguatan peralatan dan sumber daya manusia (SDM).
“Beberapa inovasi pelayanan juga akan terus ditingkatkan seperti peralatan dan SDM pendukung operasional. Harapannya agar kenyamanan penumpang tidak terganggu dan aktivitas pelabuhan bisa berjalan lancer,” tambah Tuty.
Persiapan Natal dan Tahun Baru 2025 (Nataru)
BP Batam juga terus berkoordinasi dengan instansi terkait untuk memastikan kesiapan Pelabuhan Ferry Batam Centre dalam menghadapi peningkatan volume penumpang selama perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2025.
Baca juga: Penumpang Pelabuhan Internasional di Batam Naik 5 Persen Saat Nataru 2024
“Kami berharap, sarana dan prasarana yang telah disiapkan mampu mendukung kelancaran arus penumpang saat perayaan Nataru nanti,” tutup Tuty.
Dengan langkah proaktif dari BP Batam dan dukungan semua pihak terkait, layanan pelabuhan di Batam diharapkan dapat tetap berjalan optimal, sehingga penumpang merasa aman dan nyaman.