Home Batam BN 03 Beroperasi, Layani Rute Perintis di Kepri

BN 03 Beroperasi, Layani Rute Perintis di Kepri

pengoperasian Kapal BN 03
Gubernur Kepri, Ansar Ahmad saat berada di ruang kafetaria Kapal BN 03. F Humas Provinsi Kepri.
- Advertisement -
DPRD Batam

Barakata.id, Batam – Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi meresmikan pengoperasian KMP Bahtera Nusantara 03 di Pelabuhan Telaga Punggur, Sabtu (4/2/2023). BN 03 menjadi kapal roro yang akan melayani rute perintis yakni Tanjung Uban – Tambelan – Sintete – Sambas Kalimantan Barat.

BN 03 termasuk berukuran besar. Kaal ini berukuran 1500 gross ton (GT) dengan panjang  71,92 m, lebar 14 m,  tinggi 4,6 m,  kecepatan diatas 15 knot ini. 

- Advertisement -
artikel perempuan

Kapal ini mampu mengangkut penumpang sebanyak 386 orang, 24 orang ABK, 14 truk besar, 12 truk sedang dan 10 unit kendaraan roda 4 dan puluhan unit sepeda motor. 

“Kapal ini semakin memudahkan mobilitas masyarakat. Kapal ini membuka akses lebih luas, untuk daerah di tertinggal, terluar dan terdepan,” kata Budi, Sabtu (4/2/2023). 

Pengoperasian BN 03 di daerah 3T ini, kata Budi sesuai dengan arahan dari Presiden Joko Widodo, untuk terus membuka akses serta merangkai pulau-pulau yang ada di Indonesia.

“Penambahan kapal baru ini, diyakini akan memberikan multiplier effect bagi perekonomian masyarakat,” tutur Budi. 

Sementara itu, Gubernur Kepri, Ansar Ahmad mengatakan, beroperasinya KMP Bahtera Nusantara 03 meningkatkan pelayanan ke masyarakat. 

“Penambahan kapal baru ini, pastinya memberikan banyak pilihan masyarakat, dalam menunjang aktivitas bisnis dan usahanya,” ujar Ansar.

- Advertisement -