Home Nusantara BMKG: Gunung Kidul Diguncang Gempa Magnitudo 5.0

BMKG: Gunung Kidul Diguncang Gempa Magnitudo 5.0

Gempa Gunung Kidul
BMKG menyatakan telah dirasakan gempa di wilayah Gunung Kidul, DIY pada Rabu (20/1/21) sekira pukul 03.10 WIB.

Barakata.id – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengumumkan baru saja terjadi gempa di daerah Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Rabu (20/1/21). Gempa yang terjadi itu berkekuatan 5,2 magnitudo.

Menurut catatan BMKG, gempa di wilayah Gunung Kidul terjadi atau dirasakan sekitar pukul 03.10 WIB. Pusat gempa berada 127 kilometer arah Timur Laut Alor, di bawah laut dengan kedalaman 434 kilometer.


Lokasi gempa di Gunung Kidul berada di titik koordinat 9,04 Lintang Selatan, 110,51 Bujur Timur. Lokasi gempa berjarak sekitar 115 kilometer dari arah barat daya Gunung Kidul.

Baca Juga :

Adapun pusat gempa diketahui berada di laut, dengan kedalaman 17 kilometer. Meski demikian BMKG memastikan gempa berkekuatan magnitudo 5,0 di Gunung Kidul tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami.

“Tidak berpotensi tsunami,” tulis akun Twitter @infoBMKG yang dikutip, Rabu (20/1/21) pagi.

Hingga saat ini, BMKG belum ada menerima laporan tentang kerusakan yang diakibatkan gempa tersebut.

Baca Juga :

Sehari sebelumnya, Selasa (19/1/21), BMKG juga menyatakan telah terjadi gempa berkekuatan 5,2 magnitudo di wilayah Alor NTT dan Maluku Barat Daya.

Menurut catatan BMKG, gempa di Alor NTT terjadi sekitar pukul 13.01 WITA. Pusat gempa berada 127 kilometer arah Timur Laut Alor, di bawah laut dengan kedalaman 434 kilometer.

“Tidak berpotensi tsunami,” tulis akun Twitter @infoBMKG yang dikutip, Selasa (19/1/21) siang.

Baca Juga :

Tak lama kemudian, gempa dengan kekuatan sama juga mengguncang wilayah Maluku Barat Daya. BMKG mencatat guncangan akibat gempat terasa sekitar pukul 14.00 waktu setempat.

Lokasi gempa di Maluku Barat berada di 7.48 Lintang Selatan (LS), 125.36 Bujur Timur (LT). Pusat gempa berada di laut dengan kedalaman 434 kilometer, persisnya di 208 km Barat Tiakur Maluku Barat Daya dan 293 km Barat Tiakur Maluku Barat Daya.

Hingga saat ini, belum ada laporan tentang kerusakan yang diakibatkan gempa tersebut, baik di Alor maupun Maluku Barat Daya.

*****

Editor : YB Trisna



TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin