Beranda Kepulauan Riau Bintan

Bintan Industrial Expo 2024, Komitmen Inovasi dan Pertumbuhan di BIE

6
0
Bintan Industrial Expo
Sekda Kepri, Adi Prihantara menghadiri Bintan Industrial Expo di Lobam, Bintan, Rabu (26/6). (F: barakata.id/ist)
- Advertisement -
DPRD Batam

Barakata.id, Bintan – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepri, Adi Prihantara membuka Bintan Industrial Expo 2024 di Wisma Bintan Industrial Estate (BIE), Lobam, Kabupaten Bintan, Rabu (26/6). Kegiatan ini mengusung tema “Inovation, Motivate and Growth” yang mencerminkan komitmen perusahaan untuk terus berinovasi, memotivasi, dan tumbuh bersama seluruh tenant di Kawasan BIE.

BIE adalah kawasan industri di Pulau Bintan, berdiri sejak 1994 dengan fasilitas yang beragam seperti Pelabuhan tersendiri, Water treatment plant, waste water treatment plant, sewage treatment plant, power house dan beberapa tipe untuk penginapan.

- Advertisement -

Sekda Adi dalam sambutannya menyampaikan, bersama BIE, Provinsi Kepri telah berhasil menjabarkan arahan Bapak Wakil Presiden menjadi salah satu pioneer terhadap kemajuan ekonomi dan keuangan syariah dalam perwujudan Indonesia sebagai Pusat Halal Dunia.

“Langkah bersama tersebut yang sangat berperan besar salah satunya yaitu BIE sebagai Kawasan Bintan Inti Halal Hub dengan nilai ekspor produk halal sekitar Rp120 miliar dalam dua tahun terakhir. Dan pertumbuhan ini berhasil memperoleh penghargaan Indonesia Halal Industry Awards (IHYA) sebagai Provinsi dengan Program Halal Terbaik,” katanya.

BACA JUGA : Sekda Kepri Buka Creative Corner Festival 2023

Sejalan dengan itu, lanjut Adi, peran besar kawasan industri turut berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi Provinsi Kepri melejit di angka 5,20%. Angka ini meningkat 0,11% dari tahun 2022 di angka 5,09%.

“Angka ini merupakan yang tertinggi di Pulau Sumatera dan di atas rata-rata nasional dengan angka 5,05%. Pertumbuhan ekonomi tersebut didominasi oleh aktivitas Industri Pengolahan yang mencapai 41,47%, dengan pertumbuhan sebesar 3,87% year on year di Kepri,” kata dia.

Pada kesempatan itu, Adi atas nama Pemprov Kepri juga mengucapkan selamat Ulang Tahun ke-30 Kawasan Industrial BIE, serta berharap pelaksanaan BIE Expo 2024 berjalan sukses.

“Semoga BIE ini semakin maju dan berkembang, yang tentu saja kontribusi BIE terhadap produk industri dan nilai investasi di Kepri akan semakin besar sebagai garda terdepan kawasan industri,” tutupnya.

Turut hadir di acara itu di antaranya, GM PT BIIE Aditya Laksamana, Staf Khusus Menteri Koordinator Bidang Perekonomian I Gusti Putu Suryawirawan, Wakil Bupati Bintan Ahdi Muqsith, Kapolres Bintan Riki Iswoyo, Kepala BP Bintan Farid Irfan Siddik serta para pimpinan perusahaan Kawasan BIE. (zah)

- Advertisement -