Besok Malam Ada Pawai Takbir Idul Adha di Engku Putri

64
Pawai mobil hias menyemarakkan malam takbiran Idul Fitri di Kota Batam tahun lalu. Hari Raya Idul Adha tahun ini, Pemko Batam kembali menggelar pawai takbir yang diperlombakan dan akan dilaksanakan Sabtu (10/8/19) malam. (F: Istimewa)

Barakata.id, Batam – Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri) akan melaksanakan pawai takbir menyambut Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah, besok malam, Sabtu (10/8/19). Pawai akan dimulai pukul 19.30 WIB di Dataran Engku Putri, Batam Centre.

Kabag Kesra Setdako Batam, Riama Manurung mengatakan, bukan hanya menyemarakkan malam takbiran, pawai tersebut juga akan diperlombakan dengan total hadiah Rp36 juta. Hadiah akan diperuntukkan bagi peserta yang menjadi juara 1, 2, 3 dan 4.

“Pawai takbir akan diikuti oleh organisasi perangkat daerah (OPD), kecamatan, kelurahan, masjid, Ormas Islam dan partisipan. Peserta pawai takbir akan dilepas oleh Pak Wali Kota beserta anggota FKPD (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah),” kata Riama di kantornya, Jumat (9/8/19).

Baca Juga : Kemenag Kepri: Pejabat Jangan Pelit, Ikutlah Berkurban

Adapun rute yang akan dilewati peserta pawai takbir adalah, start dari jalan depan Edukits Batamcentre, melewati fly over Laluan Madani, Simpang Indo Mobil, depan Polsek Lubuk Baja belok kanan menuju jalan twenty one menuju simpang apartemen harmoni, melintas di jalan Duyung, depan Polsek Batuampar, belok kiri Seipanas, belok kiri Bundaran Madani dan finish di depan Masjid Agung, Batam Centre atau di kawasan Engku Putri.

“Dari Masjid Agung diharapkan peserta pawai takbir dapat kembali ke daerah masing-masing untuk menghindari penumpukan yang dapat menyebabkan kemacetan. Pemenang lomba akan diumumkan pada saat pelaksanaan salat Idul Adha,” sebutnya.

Riaman mengatakan, bagi yang ingin mengikuti pawai takbir, tinggi kendaraan pawai tak lebih dari 4 meter dari permukaan tanah dengan lebar 1,8 meter. Kendaraan dihias sesuai dengan tema yakni Idul Adha.

“Kemudian untuk lafaz takbir dikumandangkan secara live atau langsung, tidak boleh hasil rekaman,” katanya.

635 titik salat

Sementara itu, untuk pelaksanaaan salat Idul Adha di Batam pada Minggu (11/8/19), terdapat 635 titik yang tersebar di seluruh kecamatan. Riama mengatakan, jumlah titik salat tahun ini lebih banyak dibanding tahun lalu yang sebanyak 513 titik.

Riama mengatakan, Wali Kota Batam, Muhammad Rudi beserta keluarga akan melaksanakan salat Idul Adha di Dataran Engku Putri. Adapun petugas salat, untuk imam adalah Ustaz Abdul Rauf, bilal Ustaz Rasyid Ridho dan Khatib Ustaz Hendar Royani.

“Jika cuaca hujan maka pelaksanaan salat Idul Adha akan kita alihkan ke Masjid Agung,” kata dia.

Baca Juga : Ribuan Wisman Akan Hadir di Peresmian Masjid Raya Batam II

Usai melaksanakan salat Idul Adha, Wali Kota Batam akan menyerahkan hewan kurban di Masjid Agung Batam Center. Adapun total hewan kurban se-Batam berjumlah 3.904 ekor yang tersebar di 12 kecamatan.

Hewan kurban itu terdiri dari 1.284 ekor sapi dan 2.620 ekor kambing. Jumlah hewan kurban tahun ini pun meningkat jika dibandingkan tahun lalu yang totalnya sebanyak 2.768 ekor.

*****

Reporter : Ali M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini