Home Warta Nusantara

Bentrokan Warga di Buton, Polisi Tangkap 81 Pemuda

77
Rumah terbakar akibat bentrok warga di Buton, Sultra (F: Dok. Istimewa)

Buton – Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara (Sultra) menangkal 81 pemuda teruga pelaku kerusuhan dan pembakaran 87 rumah di Desa Gunung Jaya, Kabupaten Buton, Provinsi Sultra Sabtu (8/6/19) pagi. Ke-81 pemuda itu kini diamankan di Mapolda Sultra untuk penyelidikan lebih lanjut.

Kabid Humas Polda Sultra, AKBP Harry Goldenhardt mengatakan, para terduga pelaku ini akan menjalani serangkaian pemeriksaan oleh Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Sultra. 

Baca Juga : Warga Bentrok di Buton, 30 Rumah Terbakar

Disebutkan, ke-81 terduga pelaku diamankan oleh petugas gabungan dari TNI-Polri mulai pukul 07.30 Wita sampai 09.30 Wita. Saat diamankan, puluhan pemuda itu sedang dalam proses pergeseran dari buton menuju Kendari melalui jalur laut.

“Terduga pelaku pembakaran ini, diperkirakan tiba di Kendari pukul 15.00 Wita. Selanjutnya langsung akan dibawa menuju Mapolda Sultra,” katanya saat dikonfirmasi, Sabtu siang seperti dikutip dari Kompas.

Diberitakan sebelumnya, akibat kerusuhan antarwarga dua desa di Kabupaten Buton pada Rabu (5/6/19), dua orang tewas, dan puluhan lain mengalami luka-luka, serta 87 rumah dibakar

Polisi menangkap 81 pemuda yang diduga sebagai pelaku bentrokan dan pembakaran rumah di Buton, Sultra, Sabtu (8/6/19). (Dok. Humas Polda Sultra)

Tak hanya itu, 1.062 orang dari Desa  Gunung Jaya mengungsi ke desa-desa terdekat di wilayah Kecamatan Pasarwajo.

Polda Sultra mengerahkan 317 personel kepolisian untuk mengamankan lokasi kerusuhan, dibantu 100 anggota TNI dari satuan Raider 700 Kodam XIV/ Hasanuddin Makassar. 

Ditangkap tanpa perlawanan

Kapolda Sultra, Brigjend Pol Iriyanto, saat mengunjungi Desa Gunung Jaya, Sabtu (8/6/19) mengatakan, puluhan pemuda tersebut ditangkap tanpa memberikan perlawanan dan tembakan peringatan.. 

“Rupanya dengan imbauan-imbauan persuasif, mereka mau menyerahkan diri. Walaupun kami persiapkan kalau memang terjadi hal-hal yang perlawanan, dan tembakan peringatan., namun syukur alhamdulillah tidak ada perlawanan, jadi kami bisa mengamankan 81 orang,” katanya.

Baca Juga : Bentrok Warga di Adonara, Satu Orang Tewas Tiga Luka-Luka

“Sengaja kami bawa ke Kendari untuk memudahkan proses penyidikan, sehingga tidak merepotkan wilayah di Polres Buton. Nanti Polres Buton bersama Kodim dan Pemda membantu membersihkan puing-puing rumah yang terbakar,” sambung Iriyanto.

*****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin