Home Kepulauan Riau

Bawa Rapid Test Palsu, Satu Keluarga Batal Terbang ke Medan

Kepala Dinas Lanud
Kepala Dinas Operasi Lanud Hang Nadim, Mayor Lek Wardoyo (Kanan). F: dok.TNI AU
Advertisement

Barakata.id, Batam- Petugas Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau menggagalkan satu keluarga yang akan terbang ke Kualanamu, Medan, Sumatera Utara.

Penumpang maskapai Lion Air JT 0971 yang rencananya akan terbang pada pukul 9.50 WIB itu, diketahui menggunakan rapid test palsu.

Baca juga:

Advertisement

“Mereka satu keluarga. Terdiri dari ayah, ibu dan dua anak. Kami batalkan mereka berangkat,” ungkap Kepala Dinas Operasi Lanud Hang Nadim, Mayor Lek Wardoyo, Sabtu (20/12/2020).

Wardoyo mengatakan, keempat orang penumpang itu diamankan oleh Satgas Gabungan Bandara Hang Nadim.

Baca juga: 

Saat pemeriksaan surat-surat oleh petugas, dicuriga dengan keterangan rapid test COVID-19, karena menggunakan format yang berbeda dari yang biasa.

Itu diketahui, kata Wardoyo, setelah petugas gabungan mencocokkan surat milik calon penumpang tersebut dengan contoh surat yang dikeluarkan dari Rumah Sakit Graha Hermine.

Baca juga: 

“Kita konfirmasi ke Pihak RS Graha Hermine. Kemudian pihak RS datang ke Bandara Hang Nadim dan menyatakan surat yang dibawa calon penumpang itu tidak teregister di RS tersebut,” jelas Wardoyo.

Warga Batu Aji, Kota Batam ini pun akhirnya dibawa ke Mapolsek Batu Aji untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

Baca juga: 

“Karena mereka tinggalnya di Batu Aji dan RS Graha Hermin pun berada di Batu Aji, maka dibawa ke Polsek Batu Aji,” jelas Wardoyo.

Atas kejadian tersebut, Wardoyo menghimbau kepada warga calon penumpang agar tetap mengikuti aturan protokol kesehatan.

Hal ini, kata Wardoyo, menghindari hal-hal yang akan membatalkan keberangkatan bagi calon penumpang itu sendiri, bahkan dapat berurusan dengan masalah hukum.

Baca juga:

“Silahkan ikuti peraturan yang telah ditentukan oleh pemerintah yakni prokes. Jangan sampai gara-gara itu, menghambat rencana keberangkatan,” tambah Wardoyo.

*****

Editor: Ali Mhd

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin