Home Kepulauan Riau

Batam Terima 11.120 Vial, Vaksinasi Dimulai Jumat

Vaksinasi
Wakil Wali Kota Amsakar Ahmad menyimpan vaksin ke dalam wadah khusus yang bertemperatur 2-8 derajat celcius, Rabu (13//21). (F: Humas Pemko Batam)

Barakata.id- Pemerintah Kota (Pemko) Batam siap melakukan vaksinasi. Sebanyak 11.120 vial vaksin Covid-19 tiba di Batam dari Tanjungpinang hari ini, Rabu (13/1/21). Proses distribusi vaksin ini dikawal ketat aparat keamanan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam Jefridin Hamid mengatakan vaksinasi di Batam akan dimulai hari Jumat (15/1/21).

Baca Juga:
Rudi Minta Masyarakat Tak Menolak Divaksin

Senada dengan hal itu, Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad juga mengungkapkan terkait rencana penyuntikan vaksin di Batam.

“Tahapan vaksinasi nasional telah dimulai hari ini, Rabu (13/1/21) di Jakarta yang dikuti langsung Presiden Joko Widodo. Selanjutnya tingkat provisi akan digelar Kamis (14/1/21) dan tingkat kabupaten/kota Jumat (15/1/21),” ujarnya.

Untuk vaksinasi di Batam akan diawali oleh 20 orang yang terdiri dari pejabat di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Batam, Forkopimda, tokoh masyarakat dan tokoh agama. Selanjutnya diikuti oleh tenaga medis.

“Kami semua sudah sangat siap mendukung program vaksinasi ini dan juga siap menjadi orang pertama yang akan divaksin,” ujarnya.

Amsakar mengatakan, vaksin ini telah mendapat persetujuan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan telah melalui uji klinis oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI dengan efikasi 65,3 persen. Uji klinis itu telah melampaui syarat minimal dari WHO sebesar 50 persen.

“Saya pikir kita semua harus menerima ini (vaksinasi) demi kebaikan,” tambahnya.

Baca Juga:
Jadwal Vaksinasi Covid-19 di Kepri, Siapa Pertama Disuntik?

Vaksin untuk Batam ini saat ini disimpan di instalasi farmasi Dinas Kesehatan Kota Batam di Sekupang. Instalasi tersebut cukup mampu menampung jumlah vaksin tersebut. Selain itu juga memenuhi syarat penyimanan dari BPOM pada suhu 2-8 derajat celcius.

Di Batam telah disiapkan fasilitas kesehatan (faskes) milik pemerintah maupun swasta sebagai posko vaksinasi, totalnya mencapai 115 faskes. Tenaga vaksinator yang disiapkan sebanyak 1.045 orang. Sedangkan sasaran vaksin mencapai 875.911 orang.

***

Editor: Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin