Home Kepulauan Riau Batam

Batam Perangi Corona, Pegawai Wajib Cek Suhu Tubuh

53
Cek Suhu Tubuh
Seorang pegawai dicek suhu tubuhnya saat memasuki kantor Pemko Batam, Jalan Engku Putri, Batam Centre, Senin (16/3/20).

Barakata.id, Batam – Seluruh pegawai Pemerintah Kota (Pemko) Batam harus melalui pemeriksaan cek suhu tubuh sebelum masuk ke kantor, Senin (16/3/20). Selain pegawai, semua tamu yang datang ke Kantor Wali Kota Batam di Batam Centre, juga wajib dicek suhu tubuhnya dengan alat deteksi suhu.

Bukan hanya cek suhu tubuh, siapapun yang masuk ke gedung Pemko Batam juga diharuskan membersihkan tangannya menggunakan hand sanitizer atau cairan sanitasi tangan yang sudah disiapkan di pintu masuk.

Baca Juga :
Ini yang Terjadi Jika Darurat Nasional Corona Ditetapkan

Bagi pegawai maupun tamu yang suhu tubuhnya di atas normal, sekitar 38 derajat celcius, diminta untuk memeriksakan dirinya ke Klinik Pemko Batam di lantai 1 Kantor Wali Kota.

“Pemko akan scanning suhu dengan alat manual. Bukan membatasi tapi untuk mencegah,” kata Wali Kota, Muhammad Rudi.

Selain kantor-kantor pemerintahan, Rudi juga mengimbau instansi lain melakukan hal serupa, termasuk di tempat-tempat publik atau keramaian.

“Seluruh pegangan tangan eskalator, tangga, handle pintu, tombol lift di pelabuhan, bandara, kantor, mal, rumah ibadah, dan tempat umum lainnya agar sering dibersihkan,” kata dia.

Baca Juga :
DPR Sarankan Indonesia Lockdown, Mulai dari Batam, DKI dan Bali

Rudi juga sudah menerbitkan surat edaran untuk rumah ibadah. Isinya antara lain meminta untuk sering dilakukan pembersihan terhadap fasilitas yang digunakan jemaah.

Misalnya, sajadah dan mukena di masjid maupun musala. Serta pegangan kursi di gereja-gereja.

“Karpet di masjid itu jangan cuma disedot tapi dicuci betul. Untuk di gereja kursi tolong dibersihkan juga. Semua tempat umum harus dibersihkan,” ujarnya.

Pesan yang sama juga disampaikan ke sekolah-sekolah. Rudi akan mengumpulkan guru-guru untuk menyampaikan pesan ini. Guru yang bertanggung jawab atas kesehatan anak di sekolah.

“Saya tak bilang di Batam ada corona. Tapi ingin preventif saja,” sebutnya.

*****

Penulis : Ali Mhd

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin