Home Kepulauan Riau Batam

Batam Masih Seksi, Investasi PMA Naik USD 152 Juta 

50
Investasi PMA Batam
Seorang pekerja di salah satu perusahaan elektronik di Batam. Nilai investasi PMA di Batam naik pada Triwulan III 2020. (F: barakata.id/ist)

Barakata.id, Batam – Investasi Penanaman Modal Asing (PMA) di Pulau Batam naik 152 juta dolar Amerika Serikat pada Triwulan III 2020. Ini merupakan kabar menggembirakan bagi perekonomian di kota industri tersebut.

Kenaikan nilai investasi ini menunjukkan kalau Batam masih seksi sebagai daerah tujuan investasi.

Pada triwulan sebelumnya, investasi PMA di Batam sempat lesu terkena hantaman pandemi Covid-19.

Baca Juga :

Badan Pengusahaan (BP) Batam, melalui Direktorat Pelayanan Lalu Lintas Barang dan Penanaman Modal, mencatat total realisasi investasi PMA dari Triwulan I hingga Triwulan III tahun 2020 mencapai 389 juta dolar Amerika Serikat (USD) dengan total 1.231 proyek.

“Nilai investasi PMA di Batam sempat mengalami penurunan di Triwulan II akibat pandemi Covid-19 yang sempat melemahkan beberapa sektor ekonomi di Kota Batam,” kata Direktur Pelayanan Lalu Lintas Barang dan Penanaman Modal BP Batam, Harlas Buana kepada barakata.id, Selasa (29/11/20).

Ia menyebutkan, kenaikan nilai investasi PMA di Batam tercatat di Pusat Data dan Informasi Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI.

Baca Juga :

Harlas Buana optimistis iklim investasi di Batam bisa kembali pulih seperti masa sebelum pandemi.

Ia mengatakan, berdasarkan data BKPM RI, jumlah investasi PMA di Batam tahun 2020, pada Triwulan II sebesar USD 118 juta. Sedangkan untuk Triwulan III naik menjadi USD 270 juta.

Harlas Buana berharap, realisasi investasi ini mampu meningkatkan gairah investasi PMA di Batam. Dengan demikian tingkat penyerapan tenaga kerja di Batam meskipun masih dalam pandemi Covid-19 tetap terjaga.

Halaman selanjutnya, industri penyumbang dan negara investor

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin