Home Kepulauan Riau Batam Komitmen Menjadi Kota Peduli HAM

Batam Komitmen Menjadi Kota Peduli HAM

29
Sekda Kota Batam Jefridin Hamid melakukan rapat evaluasi mengenai pemenuhan hak asasi warga Batam, Kamis (4/1/21). (F: Humas Pemko Batam)
Himbauan Pemprov Kepri

Barakata.id- Pemerintah Kota (Pemko) Batam menyatakan akan komitmen menjadi kota yang peduli terhadap Hak Asasi Manusia (HAM).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam Jefridin Hamid mengatakan, persoalan HAM ini juga menjadi perhatian utama Pemko Batam. Perlindungan dan pemenuhan HAM menjadi pilar penting bagi Kota Batam.

“Keberhasilan pembangunan adalah ketika kita semua peduli terhadap HAM,” kata Jefiridin, Kamis (4/2/21).

Baca Juga:

Menurut Jefridin, Pemko Batam terus berupaya memperhatikan hak pendidikan anak. Caranya dengan terus meningkatkan mutu pendidikan anak di Kota Batam. Bahkan, sudah beberapa tahun terakhir ini anggaran pendidikan selalu di atas 20 persen.

“Karena kami sadar bahwa pendidikan adalah urusan wajib,” katanya.

Selain pendidikan, hak yang diperhatikan adalah terkait kesehatan. Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Batam untuk kesehatan juga hampir 15 persen. Bahkan di 2020, anggaran untuk kesehatan juga sangat besar.

“Karena Covid-19,” kata dia.

Bukti kepedulian terhadap HAM itu juga diganjar oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Batam mendapat penghargaan sebagai Kota Peduli HAM Tahun 2019.

Baca Juga:

Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad yang menerima langsung penghargaan itu di Kantor Gubernur Kepri akhir Desember 2020 kemarin.

Penghargaan itu diberikan karena Batam berhasil dalam pemenuhan dan pelayanan publik. Salah satu diantaranya dengan memberikan fasiltias kepada penyandang disabilitas di ruang publik. Hal itu merupakan salah satu bagian dari hak-hak dasar warga.

***

Editor: Asrul R

Advertisement
Sebelumnya19 Terduga Teroris Makassar Diberangkatkan ke Jakarta, Ini Kata Kapolda Sulsel
SelanjutnyaSowan ke Kejagung, Begini Harapan Kapolri Jenderal Listyo