Home Kepulauan Riau Batam Batam Hasilkan 900 Ton Sampah dalam Sehari, Baru 3 Persen Terpilah

Batam Hasilkan 900 Ton Sampah dalam Sehari, Baru 3 Persen Terpilah

31
Batam Hasilkan Sampah
Tumpukan sampah di TPA Telaga Punggur. Pemko Batam menargetkan di 2025 dapat mengurangi 30 persen sampah yang dihasilkan rumah tangga. (F: Barakata.id/Asrul R)
Himbauan Pemprov Kepri

Barakata.id, Batam- Dalam sehari rumah tangga di Batam menghasilkan sebanyak 900 hingga 1.000 ton sampah. Sampah itu kemudian disetor ke TPA Telaga Punggur. Dari jumlah tersebut baru sekitar 3 persen yang sudah terpilah.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Batam Herman Rozie dalam acara sosialisasi pilah sampah bagi kader dan pengurus PKK se-Kota Batam, Jumat (29/7/21).


“Tahun 2025 kita berharap 30 persen (300 ton) perhari sampah sudah dipilah dari rumah,” kata Herman.

Baca Juga:

Untuk mewujudkan hal itu, Herman mengakui saat ini pihaknya harus bekerja keras menggelar sosialisasi kepada seluruh warga Batam.

Pemerintah Kota (Pemko) Batam sesuai arahan Wali Kota Batam Muhammad Rudi menargetkan untuk mengurangi sampah sebesar 30 persen dari sumber timbunan sampah rumah tangga pada tahun 2025.

Herman mengakui sosialisasai terkait pemilahan sampah rumah tangga telah dilakukan beberapa bulan terakhir. Sasarannya adalah kader psoyandu, Desa Siaga hingga PKK.

“Kegiatan semacam ini akan terus berlanjut sepanjang tahun 2021,” ujarnya.

Baca Juga:

Dalam sosialisasi kali ini, diikuti peserta sebanyak 328 orang, terdiridari pengurus PKK Kota Batam, kecamatan dan kelurahan. Untuk menghindari kerumunan, acara dilakukan secara virtual.

Herman berharap kesadaran masyarakat terus meningkat dengan upaya sosialisasi yang telah dilakukan.

***

Editor: Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin