Home Kepulauan Riau Batam Batam Dapat Bantuan 2 Alat PCR, Uji Corona Tak Perlu ke Jakarta...

Batam Dapat Bantuan 2 Alat PCR, Uji Corona Tak Perlu ke Jakarta Lagi

566
Didi Kusmarjadi
Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi

Didi mengatakan, pihaknya saat ini masih membutuhkan sekitar 10 ribu alat rapid test lagi. Sebelumnya, Pemko Batam bakal menerima bantuan 2.400 alat rapid test dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Namun, alat itu dialihkan penggunaannya untuk memeriksa ribuan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang tiba di Kepri dari Malaysia sejak beberapa hari terakhir.

“Bantuan 2.400 rapid test dari Kemenkes itu tidak sampai karena dialihkan untuk mengetes ribuan TKI yang masuk ke Kepri.Jadi, kita butuh sekitar 10 ribu rapid test lagi,” kata dia.

Baca Juga :
Usai Dikarantina, 60 Keluarga di Batam Terima Paket Bahan Kebutuhan Pokok

Adapun dua alat PCR yang diterima Pemko Batam, lanjut Didi, akan diberikan kepada RSUD Embung Fatimah Batam. Namun, karena sumber daya manusia dan ruangan yang terbatas, sementara ini alat itu dititipkan di Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit ( BTKLPP) Badan Pengusahaan (BP) Batam.

Menurut Didi, peralatan tersebut akan dioperasikan BTKLPP, karena SDM-nya sudah terbiasa menggunakan. BTKLPP juga memiliki alat sejenis tapi bukan untuk mendeteksi Covid-19.

BTKLPP juga masuk dalam tim penanganan Covid-19 Batam bersama dengan Puskesmas, dan KKP.

Baca Juga :
Rudi: Batam Terapkan Karantina per Zona, Bukan Lockdown

Terkait rumah sakit untuk penanganan pasien corona di Batam, Didi mengatakan, untuk PDP ringan masih bisa dirawat jalan dengan sistem karantina mandiri.

“Untuk pasien atau PDP dengan pneumonia bisa dirawat di seluruh rumah sakit di Batam. Sedangkan khusus untuk PDP berat, dirawat di dua rumah sakit rujukan yakni RSUD Embung Fatimah di Batuaji dan RSBP, Batam di Sekupang,” pungkas Didi.

*****

Penulis : Ali Mhd

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin