Home Kepulauan Riau Batam

Bantuan Sanitizer dan Alat Medis dari Singapura Tiba di Batam, Diangkut Pakai Kapal Perang

215
KRI Semarang
Wali Kota Batam, Muhammad Rudi (empat kanan) menerima secara simbolis sanitizer dan peralatan medis bantuan dari Temasek Foundation Singapura di atas KRI Semarang di Pelabuhan Batuampar, Batam, Kamis (9/4/20). (F: Barakata.id/Istimewa)

Barakata.id, Batam – Bantuan peralatan medis dari Pemerintah Singapura sudah tiba di Kota Batam, Kamis (9/4/20) pagi. Bantuan tersebut diangkut pakai kapal perang KRI Semarang.

Bantuan tersebut diangkut dari Changi Naval Base, Singapura dan sandar di Dermaga Selatan, Pelabuhan Batuampar, Batam.

Bantuan ini merupakan salah satu tindak lanjut pembicaraan via telepon antara Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong dan Presiden RI, Joko Widodo. Pemerintah Singapura dan Indonesia sepakat memperkuat kerja sama penanggulangan virus corona (Covid-19) melalui penyediaan sanitizer dan berbagai peralatan medis.

Baca Juga :
Atasi Corona, Batam Dapat Bantuan Peralatan Sanitasi dari Temasek Foundation Singapura

Bantuan hand sanitizer dan berbagai peralatan medis yang diangkut KRI Semarang kali ini merupakan sumbangan dari Yayasan Temasek Foundation kepada Pemerintah Kota Batam. Bantuan diterima langsung oleh Wali Kota Batam, Muhammad Rudi di atas KRI Semarang.

“Atas nama Pemerintah Kota Batam, saya mengucapkan banyak terima kasih kepada jajaran TNI AL yang telah mengangkut bantuan ini dari Singapura. Terutama kepada Komandan Gugus Keamanan Laut (Danguskamla) Koarmada I, Laksamana Pertama (Laksma) TNI Yayan Sofiyan dan Komandan KRI Semarang,” kata Rudi.

Penyerahan bantuan dari Temasek Foundation itu dilakukan secara simbolis di atas KRI Semarang. Rufi menerima 2.100 liter konsentrat sanitizer (tanpa alkohol).

Konsentrat ini nantinya akan dicampurkan dengan air sehingga menjadi 210 ribu liter sanitizer.

“Ini sebagai bukti bahwa Pemerintah Singapura, termasuk pengusahanya juga ikut peduli dan membantu kita dalam upaya pencegahan dan penanganan pandemi Covid-19 di Batam,” kata Duta Besar (Dubes) RI untuk Singapura, HE Ngurah Swajaya dalam siaran pers yang diterima Barakata.id.

Baca Juga :
Singapura Bantu Batam Atasi Corona, Kirim 50 APD dan 2 Ventilator

Inisiatif ini melengkapi berbagai kerja sama yang telah dilakukan untuk mengatasi pandemi Covid-19, baik antarpemerintah seperti kerja sama masing-masing Kementerian Kesehatan Singapura dan Indonesia serta pengadaan test kit berbasis PCR.

Selain ekstrak sanitizer ini, Batam juga mendapat bantuan beberapa peralatan medis dari Temasek Foundation. Semua itu diharapkan bisa mempercepat penanganan pandemi Covid-19 di Batam.

*****

Penulis : Ali Mhd

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin