Home Kepulauan Riau Batam

Bandara Hang Nadim Bakal Dibikin Mal Seperti Singapura

382
Wali Kota Bata saat meninjau Bandara Hang Nadim
Wali Kota Batam Muhammad Rudi saat meninjau Bandara Hang Nadim beberapa waktu lalu. (F: Humas Pemko Batam)

Barakata.id- Bandara Hang Nadim bakal dibikin mal seperti Singapura. Rencana itu disampaikan oleh Wali Kota Batam Muhammad Rudi belum lama ini. Pihaknya komitmen untuk membangun Batam. Salah satunya mengembangkan bandara Hang Nadim.

Menurut dia, bandara seharusnya tak hanya jadi tempat arus lalu lintas manusia maupun barang. Sebab, selain menjadi daerah tujuan ivestasi asing maupun dalam negeri, Batam merupakan daerah yang potensi wisatanya cukup menjanjikan. Salah satunya wisata belanja.

Wisatawan yang datang ke Batam banyak yang senang berbelanja. Maka dia berencana membuat pusat perbelanjaan di bandara.

Baca Juga : Wisnus Diprioritaskan Jadi Pemulih Pariwisata

“Selain mau wisata belanja dalam kota, orang juga bisa belanja di mal di bandara, kita akan buat mal yang indah, banyak barang-barang brand,” kata dia.

Tak hanya orang yang khusus datang ke Batam, orang yang hanya transit pun bisa berbelanja. Apalagi jika barang-barang bermerek yang dijual di sana, orang akan semakin tertarik dan ramai datang ke Batam.

“Sebagai contoh di Singapura itu, ada juga mal bagus di bandaranya, orang betah berlama-lama,” paparnya.

Selain bikin mal, di terminal 1 Bandara Hang Nadim juga akan dibenahi. Termasuk juga kargonya. Selain itu di simpang depan bandara rencananya juga akan diperbagus. Akan dibuat bundaran yang ditengahnya dihias dengan air mancur.

“Simpang di depan bandara itu akan dibangun bagus. Akan dibuat bundaran yang di tengahnya ada air mancur,” imbuhnya.

Tak hanya di pintu masuk, Rudi yang juga menjabat Kepala BP Batam ini juga akan mengembangkan fasilitas akses dalam kota. Untuk estetika kota, selain fasilitas yang telah dibangun dengan anggaran pemerintah, Rudi juga menggandeng pihak ketiga. Termasuk melalui program Corporate Social Responsibility (CSR).

Salah satu yang saat ini dikembangkan secara bertahap yaitu ruang terbuka hijau dari Laluan Madani ke Simpang Kabil di dekat Kepri Mall.

Baca Juga :  Kemenparekraf Dorong Tur Virtual untuk Bangkitkan Pariwisata

“Semua yang minta lahan, semua diminta ikut pembangunan. Bayangkan kalau dari jalan itu (jalan Sudirman) hingga Simpang Kepri Mall taman bagus, lampu-lampu bercahaya, indah tak Batam jadinya,” katanya.

Setelah semua dikembangkan akan membuat Batam memiliki daya tarik, baik sektor investasi maupun pariwisata. Setelah keduanya meningkat, tentu memberikan dampak domino bagi masyarakat.

“Semua akan ikut berkembang, maju bersama. Dari yang jual kerajinan, lapangan pekerjaan, angkutan, kuliner semua akan mendapatkan dampak positifnya,” kata dia.

****

Editor: Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin