Home Gaya Kesehatan

Bahan Rumahan Ini Bisa Merawat Tangan Kering Akibat Sering Dicuci

Merawat Tangan Kering
Ilustrasi. Seringnya mencuci tangan di masa pandemi Covid-19 ini dapat menjadikan kulit tangan menjadi kering. (F: Freepik)

Barakata.id, Kesehatan- Beberapa bahan rumahan ternyata punya manfaat untuk merawat kulit tangan kering. Di masa pandemi ini, salah satu protokol kesehatan yang wajib diterapkan adalah rajin mencuci tangan.

Namun, akibatnya tangan yang kerap dicuci akan menjadi kering. Kulit kering tentu tak sehat. Selain kulit tangan jadi kasar kadang juga bikin gatal-gatal.

Tapi tak perlu khawatir, ada beberapa bahan rumahan yang bisa dipakai untuk mengatasinya. Dilansir dari Boldsky, Rabu (3/3/21) ini dia bahan-bahan rumahan yang bisa dipakai untuk merawat kulit tangan yang kering.

Baca Juga:

1. Madu

Merawat Tangan Kering
Madu (F: Freepik)

Madu memiliki sifat antibakteri dan antioksidan. Sehingga membuat kulit jadi lembut. Madu terkenal dapat mengunci kelembapan kulit. Bahkan madu sering disebut sebagai pelembab alami terbaik.

Cara menggunakannya, oleskan madu ke seluruh tangan. Diamkan selama 10-15 menit. Setelah itu bilas dengan air biasa.

2. Lidah buaya

Lidah buaya (F: Freepik)

Selain dapat melembapkan, lidah buaya memiliki efek menenangkan pada kulit. Selain itu lidah buaya juga dapat meredakan rasa sakit, panas atau tidak nyaman di kulit akibat terlalu kering.

Cara pakainya, cukup oleskan gel lidah buaya ke seluruh tangan. Pijat tangan sampai gel terserap. Biarkan selama 15-20 menit, setelah itu bisa dibersihkan. Jika Anda nyaman, tak dibersihkan pun tak apa-apa.

3. Minyak kelapa

Minyak kelapa. (F: Freepik)

Minyak kelapa memiliki sifat emolien yang aktif sehingga efektif menjaga kelembapan kulit tangan. Selain itu bahan rumahan ini kaya vitamin dan nutrisi. Hal itu dapat meningkatkan fungsi pelindung kulit sehingga mencegah kerusakan lebih lanjut.

Cara menggunakannya, ambil sedikit minyak kelapa. Gosokkan di tangan. Pijat sampai benar-benar terserap ke dalam kulit. Biarkan selama 15-20 menit baru dicuci. Tapi jika tak merasa lengket tak dicuci pun tak apa-apa.

4. Yogurt

Yogurt. (F: Freepik)

Yogurt dapat melembutkan kulit tangan. Tapi cara pengaplikasiannya harus dikombinasikan dengan madu. Yogurt mengandung asam laktat yang dapat mengelupas kulit dengan lembut sehingga sel kulit mati dapat terangkat.

Setelah kulit mengelupas, madu mendorong kulit tangan dapat terhidrasi dengan baik. Sehingga tangan pun menjadi lembut.

Cara menggunakan, ambil satu cangkir yogurt dan satu sendok makan madu. Campur kedua bahan. Gosokkan ke seluruh tangan. Biarkan selama 15-20 menit. Lalu bilas hingga bersih.

Baca Juga:

5. Oatmeal

Oatmeal. (F: Freepik)

Tak hanya untuk dimakan, oatmeal juga dapat digunakan untuk merawat kulit tangan yang kering. Kandungan proteinnya bagus untuk kesehatan kulit. Oatmeal dapat mengelupas kulit kasar dan menghilangkan kulit mati. Hebatnya, oatmeal juga sekaligus menambahkan kelembapan di dalamnya.

Cara menggunakannya, ambil satu cangkir oat giling dan sebaskom air hangat. Campur oat giling dengan air hangat. Rendam tangan dalam larutan oatmeal ini selama 20 menit. Tepuk-tepuk kulit setelah selesai berendam. Bubuhkan pelembap bebas pewangi atau krim tangan.

***

Editor: Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin