Home Nusantara Aturan Baru, SIM C Pengendara Moge dan Motor Listrik Harus Diganti

Aturan Baru, SIM C Pengendara Moge dan Motor Listrik Harus Diganti

14
Aturan Baru SIM C
Peserta membuat SIM di Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM Daan Mogot, Jakarta, Selasa 2 Juni 2020. Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya kembali membuka layanan perpanjangan SIM yang sebelumnya dihentikan akibat pandemi Covid-19. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)
Himbauan Pemprov Kepri

Barakata.id, Jakarta – Polri telah menerbitkan aturan baru tentang pembagian golongan SIM C. Mengacu pada aturan baru itu, maka para pengendara sepeda motor gede dan motor listrik harus bersiap untuk segera mengganti Surat Izin Mengemudi (SIM) C milik mereka.

Dalam Peraturan Polri (Perpol) Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penerbitan dan Penandaan SIM, ditegaskan bahwa SIM C dibagi ke dalam tiga golongan, yakni SIM C, CI, dan CII. Penggolongan SIM C dibagi berdasarkan kapasitas mesin dan untuk sepeda motor berbasis listrik.


Secara umum bentuk SIM juga akan diubah menjadi kartu elektronik atau bentuk lain, serta dilengkapi dengan media penyimpan data atau media lain.

BACA JUGA : SIM C Kini Ada Tiga Golongan, Pengendara Motor Harus Tahu

Berikut rincian penggolongan baru SIM C berdasarkan Perpol Nomor 5 Tahun 2021:

1. SIM C.
SIM C golongan ini berlaku untuk mengemudikan kendaraan bermotor jenis Sepeda Motor dengan kapasitas silinder mesin sampai dengan 250 cc (dua ratus lima puluh centimeter cubic).

2. SIM CI
Golongan ini berlaku untuk mengemudikan kendaraan bermotor jenis sepeda motor dengan kapasitas silinder mesin di atas 250 cc (dua ratus lima puluh centimeter cubic) sampai dengan 500 cc (lima ratus centimeter cubic), atau kendaraan bermotor sejenis yang menggunakan daya listrik.

3. SIM CII
SIM C golongan ini berlaku untuk mengemudikan kendaraan bermotor jenis sepeda motor dengan kapasitas silinder mesin di atas 500 cc (lima ratus centimeter cubic) atau kendaraan bermotor sejenis yang menggunakan daya listrik.

BACA JUGA : Segini Tarif Perpanjangan SIM Usai Libur Lebaran, Cek Syaratnya

Syarat dan Ketentuan Ganti SIM C

Berdasarkan tiga penggolongan itu, maka pemilik moge atau motor bermesin 250cc wajib memiliki SIM baru. Pasalnya, SIM C yang saat ini digunakan hanya berlaku untuk sepeda motor bermesin di bawah 250cc.

Begitu pula dengan para pemilik sepeda motor listrik, juga harus mengganti SIM C mereka menjadi SIM C1 ataupun C2.

Meski demikian, pengendara moge dan motor listrik tidak bisa serta merta langsung membuat SIM C1 atau SIM CII. Ada syarat yang harus mereka penuhi, yaitu masa berlaku SIM.

Berikut rinciannya:

– Pemohon kenaikan golongan ke CI, harus memiliki SIM C yang telah digunakan selama 12 bulan sejak diterbitkan.

– Pemohon kenaikan golongan SIM CII maka SIM CI yang dimiliki telah digunakan selama 12 bulan sejak SIM CI diterbitkan., yaitu, pemilik kendaraan harus memiliki SIM C selama 12 bulan sejak diterbitkan sebelum naik ke golongan CI.

Sementara itu, agar dapat memiliki SIM C, SIM CI, dan SIM CII, Polri juga sudah menetapkan persyaratan usia pemohon, yakni:

– Pemohon SIM C minimal berusia 17 tahun
– Pemohon SIM CI minimal berusia 18 tahun
– Pemohon SIM CII minimal berusia 19 tahun

*****

Editor : YB Trisna

Dari berbagai sumber

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin