Home Natuna

Asisten III Pemkab Natuna: Musrenbang Harus Prioritaskan Aspirasi Masyarakat

20
Asisten III Pemkab Natuna
Asisten III Bidang Administrasi Umum Pemkab Natuna, Izwar Aspawi membuka Musrenbang Kecamatan Wilayah I Tahun 2020 di Asrama Haji Komplek NGU, Natuna, Senin (10/2/20). (F: Barakata.id/Edi Zamri)

Barakata.id, Natuna – Asisten III Bidang Administrasi Umum Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna, Izwar Aspawi menekankan pentingnya mengedepankan aspirasi masyarakat dalam pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang). Ia berharap Musrenbang di tiap tingkatan dapat menghasilkan rencana kegiatan yang aspiratif dan berkelanjutan.

“Musrenbang merupakan salah satu bagian dari proses perencanaan partisipasif untuk menggali aspirasi dari masyarakat yang dalam prosesnya terjadi negosiasi, rekonsiliasi dan harmonisasi antara emerintah daerah dan aspirasi masyarakat,” katanya saat membuka kegiatan Musrenbang Kecamatan Wilayah I Tahun 2020 di Asrama Haji Komplek NGU, Natuna, Senin (10/2/20).

“Dengan demikian, perencanaan pembangunan yang kita buat dapat menyelesaikan permasalahan yang ada saat ini dan mengantisipasi permasalahan di masa akan datang,” sambung Izwar.

Baca Juga :
Waka II DPRD Natuna Serap Aspirasi di Musrenbang 4 Kecamatan

Ia mengatakan, Musrenbang tingkat kecamatan adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan atau stakeholders di tingkat kecamatan untuk mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan terkait. Masukan-masukan itu didasarkan pada aspirasi yang didapat pada Musrenbang tingkat kelurahan.

Musrenbang Natuna
Peserta Musrenbang Kecamatan Wilayah I Tahun 2020 di Asrama Haji Komplek NGU, Natuna, Senin (10/2/20). (F: Barakata.id/Edi Zamri)

Dalam Musrenbang tingkat kecamatan, lanjut Izwar, diharapkan bisa menyepakati rencana kegiatan lintas kelurahan di kecamatan. Musrenbang kecamatan ini dilaksanakan untuk menggali aspirasi dari masyarakat dalam rangka menyusun Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2021 agar mengacu pada RPJMD Kabupaten Natuna tahun 2016-2021.

Baca Juga :
Bupati Natuna Minta Masyarakat tak Lagi Cemaskan Corona

Izwar meminta seluruh pihak terkait dan pemangku kepentingan memberi perhatian khusus dan ikut terlibat secara aktif dalam Musrenbang. Sehingga pembangunan di masayarakat serta komitmen untuk menyelesaikan suatu masalah dapat terealisasi dengan baik.

“Semoga Musrenbang yang kita laksanakan ini dapat menghasilkan program-program yang partisipatif, inovatif, komprehensif dan berkelanjutan. Sehingga mampu merangsang pertumbuhan sentra-sentra ekonomi rakyat dan mendorong perekonomian wilayah,” kata dia.

Tampak hadir di acara itu sejumlah pejabat Pemkab dan DPRD Natuna di antaranya, Wakil Ketua II DPRD Natuna Jarmin Sidik, beberapa anggota Dewan, dan Sekretaris BP3D Marwan Saputra. Hadir pula para camat, kepala desa, tokoh agama, tokoh pemuda dan pemangku kepentingan lainnya di masing-masing kecamatan.

*****

Penulis : Edi Zamri

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin