Home Warta Nusantara

AS Keluarkan Peringatan Ancaman Terorisme di Indonesia Jelang 22 Mei

73
Presiden Joko Widodo menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 17 April 2019. (F: Instagram Jokowi)

Jakarta – Jelang 22 Mei 2019, Pemerintah Amerika Serikat (AS) lewat Kedubesnya di Jakarta mengeluarkan peringatan ancaman keamanan dan terorisme bagi warganya yang berada di Indonesia. Pada tanggal tersebut, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dijadwalkan akan mengumumkan secara resmi hasil Pemilu 2019.

“Lokasi: Indonesia, di seluruh bagian negara. Peristiwa: Pada 22 Mei 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) diharapkan mengumumkan hasil resmi pemilihan presiden dan parlemen Indonesia,” tulis Kedutaan Besar (Kedua) AS dalam situs resminya yang dikutip, Sabtu (18/5/19).

Kedubes AS dalam peringatan itu menyebutkan, pejabat kepolisian Indonesia secara terbuka menyampaikan risiko terorisme yang meningkat sehubungan dengan finalisasi hasil pemilu. Kedubes AS juga menyebut soal adanya kemungkinan demonstrasi di kantor KPU dan Bawaslu.

“Dan media telah melaporkan penangkapan orang Indonesia baru-baru ini atas tuduhan terorisme,” tulis peringatan itu. 

“Demonstrasi dimungkinkan (terjadi) di kantor terkait pemilihan dan situs publik lainnya di Jakarta pusat, termasuk kompleks KPU di Menteng dan Badan Pengawas Pemilu (dikenal sebagai Bawaslu) di Jalan Thamrin. Demonstrasi juga dapat terjadi di kantor terkait pemilihan di kota-kota lain, termasuk Surabaya dan Medan.” lanjut bunyi peringatan tersebut.

Kedubes AS menyatakan polisi sudah menyiagakan personel keamanan tambahan. Termasuk melakukan penutupan jalan dan gangguan lalu lintas.

Kedubes AS menyarankan beberapa tindakan bagi warga AS yang berada di Indonesia, yaitu:

1. Hindari area tempat demonstrasi atau demonstrasi politik terjadi dan berhati-hati jika berada di sekitar pertemuan besar.

2. Tetap mengikuti liputan media tentang peristiwa lokal, waspadai lingkungan sekitar, dan praktikkan kesadaran keamanan pribadi setiap saat.

3. Daftarkan diri Anda dalam Smart Traveler Enrollment Program (STEP) untuk menerima pembaruan keamanan.

4. Ikuti (informasi) Konsulat Jenderal AS di Surabaya di Twitter dan Facebook dan Kedutaan Besar AS di Jakarta di Twitter dan Facebook.

*****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin