Home Kepulauan Riau

Arus Balik dari Tanjungpinang Capai 12 Ribu Pemudik

45
Arus balik Lebaran 2019 dari Pelabuhan SBP Tanjungpinang berjalan aman dan lancar. (F: Istimewa)

Tanjungpinang – Pada puncak arus balik, Minggu (9/6/19) atau H +5 Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah melalui Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang mencapai 12 ribu pemudik. Ruang tunggu pelabuhan terpantau dipadati oleh para calon penumpang.

Catatan pengelola pelabuhan, penumpang terbanyak adalah tujuan Kota Batam. Meski penumpang tampak menumpuk, tapi kegiatan arus balik di pelabuhan tersebut berjalan lancar dan tertib.

Kapolres Tanjungpinang, AKBP Ucok Lasdin Silalahi saat memantau arus balik di Pelabuhan SBP Tanjungpinang, Minggu siang mengatakan, meski ada lonjakan penumpang cukup tinggi sejak arus mudik pada Ramadan lalu, dan arus balik H+5 Lebaran, arus keluar-masuk kapal berjalan lancar dan aman.

“Saya mengapresiasi seluruh jajaran pihak keamanan termasuk anggota kepolisian yang selalu siap memberikan keamanan dan kenyamanan terhadap para pemudik dan penumpang yang baru pulang mudik di pelabuhan SBP. Arus mudik dan balik pada hari ini sangat tertib, aman, lancar dan teratur,” katanya.

“Semuanya berkat kerja sama Polres Tanjungpinang terutama KKP, operator pelabuhan dan KSOP serta instansi terkait yang terlibat dalam Operasi Ketupat Seligi 2019 yang dimulai 29 Mei 2019 lalu di pelabuhan SBP ini,” sambung Ucok

Baca Juga : 9.000 Orang Mudik Lewat Bandara Hang Nadim Tiap Hari

Baiknya pelayanan di pelabuhan itu juga dirasakan para penumpang. Termasuk rasa aman dan nyaman yang diberikan petugas kepolisian selama arus mudik dan arus balik berlangsung.

“Sebagai pemudik lebaran, saya berterimakasih kepada pihak Polres Tanjungpinang dan instansi terkait, yang sudah memberi pelayanan maksimal untuk mengawal pemudik hingga kami merasa aman dan nyaman,” kata Meme, calon penumpang yang ingin berangkat ke Tanjung Batu, Kabupaten Karimun.

“Karena jumlah pemudik yang sangat banyak, kenyamanan dan keamanan memang harus menjadi pelayanan prioritas yang disediakan pemerintah dan aparat keamanan,” sambungnya.

Darsono, warga Batam yang ditemui di ruang tunggu Pelabuhan SBP Tanjungpinang mengatakan, selama Lebaran ia datang ke Tanjungpinang. Selain mengunjungi keluarga juga untuk berlibur ke sejumlah tempat wisata.

Ia mengaku merasa aman dan nyaman saat berkunjung ke Tanjungpinang melalui Pelabuhan SBP Tanjungpinang. Begitu juga saat ingin kembali ke Batam.

Baca Juga : 1.990 Warga Bintan-Tanjungpinang Ikut Mudik Gratis Antar-Pulau

Meski penumpang kapal tampak padat, tapi hal itu tidak sampai menggangu perjalanan, atau menimbulkan ketidaknyamanan.

“Pelayanan di sini menurut saya cukup bagus, tertib dan terasa nyaman, kok. Alhamdulillah saat datang dan sekarang mau pulang ke Batam, semuanya lancar dan aman,” kata dia.

Jajaran Polres Tanjungpinang membagikan air mineral kepada calon penumpang kapal di Pelabuhan SBP Tanjungpinang, Minggu (9/6/19). (F: istimewa)

Di sela-sela kepadatan penumpang, Kapolres Tanjungpinang beserta jajaran tampak membagikan air minum kepada para penumpang, baik yang baru tiba di pelabuhan maupun mereka yang akan meninggalkan pelabuhan.

“Semoga semuanya aman, dan selamat sampai di tujuan,” ujarnya.

*****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin