Home Kepulauan Riau Batam APSAI Batam, Bawa Harapan Anak Batam Kian Terlindungi

APSAI Batam, Bawa Harapan Anak Batam Kian Terlindungi

25
Anak Batam Terlindungi
Sekda Batam Jefridin melantik pengurus APSAI Batam, Kamis (25/3/21). (F: Humas Pemko Batam)
Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Barakata.id, Batam- Batam- Pengurus Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak Indonesia (APSAI) Batam resmi dilantik, Kamis (25/3/21). Pelantikan itu dilakukan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Batam Jefridin Hamid di Kantor Wali Kota Batam.

Dilantiknya pengurus APSAI Batam menghembuskan harapan bagi anak-anak Batam. Yakni makin terlindungi dan tercukupi hak-haknya.


Kebutuhan dan hak anak ada dalam UU No 35 Tahun 2014 tetnang Perlindungan Anak. Pada pasal 72 disebutkan masyarakat berperan dalam perlindungan anak, baik perorangan maupun kelompok.

Baca Juga:

Jefridin mengatakan, selain mengacu pada UU tersebut, Kota Batam sendiri juga telah menerbitkanPerdan No 2 Tahun 2016 tentang penyelenggaraan perlindungan anak. Pasal 4 ayat 1 berbunti penyelenggaraan pemenuhan anak dan perlindungan anak di daerah dilakukan terpadau antara pemerinta daerah, dunia usaha dan masyarakat.

Menurut dia, permasalahan yang dialami anak sebagaian besar berkaitan dengan kualitas sumber daya manusia (dalam hal ini orang tua) yang rendah mengakibatkan rendahnya tingkat ekonomi dan pendidikan.

“Ekonomi yang buruk mengakibatkan permasalahan anak seperti gizi buruk, stunting, putus sekolah, anak bekerja, anak jalanan, anak berhadapan dengan hukum, kekerasan pada anak dan tidak terpenuhinya hak- hak anak,” ujar Jefridin.

Untuk itulah perusahaan dan pemerintah harus berperan seimbang. Sehingga bisa memberikan kontribusi yang maksimal dan ikut bertanggung jawab dalam upaya perlindungan anak dan pemenuhan hak anak.

Baca Juga:

“Sejauh ini Pemko Batam mendorong perusahaan ikut terlibat dalam asosiasi perusahaan sahabat anak,” kata dia.

APSAI ini merupakan lembaga yang menentukan kriteria dan mengukur apakah sebuah perusahaan layak anak. Asosiasi ini akan mendampingi, membantu dan memberikan penghargaan pada perusahaan yang punya kebijakan, program maupun produk layak anak.

APSAI ini menjadi wadah sinergi dan percepatan upaya perlindungan anak di sektor swasta.

***

Editor: Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin