Home Gaya

Apple Tutup iTunes Mulai 3 Juni 2019

71
Ilustrasi

Apple mengeluarkan kabar mengejutkan. Mulai Senin, 3 Juni 2019, Apple akan menutup aplikasi iTunes.

Seperti dilaporkan Forbes, penutupan iTunes tersebut diputuskan dalam Konferensi Pengembang Internasional Tahunan yang digelar di San Jose, California, Amerika Serikat.

Untuk diketahui, sejak diperkenalkan di Maqorld Expo 2001, iTunes menjadi sebuah program revolusi musik yang telah mengantar era musik mp3. Selama 18 tahun lebih kehadirannya, iTunes menawarkan solusi untuk industri musik dalam menghadapi pembajakan.

Mengutip Tirto.id, sejak mula diperkenalkan, iTunes terus berkembang menjadi raksasa media, juga toko serba ada bagi pengguna untuk mengkonsumsi media yang mencakup musik, film, dan televisi. Namun, perkembangannya kini tergeser dengan hadirnya layanan berlangganan berbasis streaming, termasuk Apple Music yang telah menyalip jumlah unduhan music via iTunes.

Layanan streaming saat ini sudah memangsa pasar sebesar 75 persen dari industri musik di Amerika Serikat

Bloomberg melaporkan, untuk mengganti aplikasi iTunes, Apple akan menawarkan tiga aplikasi terpisah yang disederhanakan untuk sistem operasi Mac yaitu Music, TV, dan Podcast.

Aplikasi Music baru akan menggantikan semua penyimpanan musik dan fungsionalitas organisasi yang saat ini ditangani oleh iTunes.

Baca Juga : Huawei Siapkan Pengganti Google Play Store

Apple telah mendesentralisasikan media pada dua perangkatnya, yakni iPad dan iPhone, yang menawarkan aplikasi baru tersebut dan ke depannya akan menyusul di perangkat Mac serta Macbook. Aplikasi musik barunya nanti akan menawarkan beberapa fungsi yang sama dengan iTunes saat ini.

Seperti membeli lagu dan menghubungkan antar perangkat dengan antarmuka yang lebih simpel serta kemudahan akses melalui layanan streamingnya.

*****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin