Home Kepulauan Riau

Aplikasi Baznas Diluncurkan, Bayar Zakat pun Makin Mudah

Sejumlah pejabat di Batam mendapatkan penghargaan Insan Peduli Zakat 2020. Penghargaan itu diserahkan bersamaan dengan launching Aplikasi Baznas, Kamis (4/3/21). (F: Humas Pemko Batam)

Barakata.id- Aplikasi Baznas resmi diluncurkan di Batam. Aplikasi ini bisa diunduh melalui Play Store bagi penguna Android. Sedangkan bagi pengguna iPhone bisa melalui laman resmi Baznas Batam.

Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Batam, Muhith Marzuki mengatakan aplikasi tersebut diluncurkan untuk memudahkan muzaki menunaikan kewajibannya.

Advertising
Advertising

Peluncuran aplikasi ini juga menjadi upaya Baznas dalam menjawab tantangan di zaman yang serba digital.

Baca Juga:

“Apa yang telah kita inginkan maju di zaman digital, pada hari ini terlaksana. Kami hanya ingin memudahkan bagi muzaki,” katanya dalam peluncurkan aplikasi Baznas di Kantor Wali Kota Batam, Kamis (4/3/21).

Muhith mengatakan, aplikasi tersebut memiliki pelayanan dan informasi yang lengkap. Mulai dari informasi tentang zakat, kalkulator zakat, pembayaran zakat hingga informasi kegiatan.

“ami ucapkan terima kasih kepada Wali Kota Batam yang sudah mendukung semua program Baznas Batam,” katanya.

Dalam kesempatan itu Baznas Batam juga memberikan apresiasi bagi insan peduli zakat. Sejumlah tokoh dan pejabat menerima penghargaan Insan Peduli Zakat 2020 ini.

Para pejabat itu adalah Wali Kota Batam sekaligus Kepala Badan Pengusahaan Batam Muhammad Rudi dan Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad.

Pejabat lain adalah Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Batam Zulkarnain Umar, Sekretaris Daerah (Sekda) Batam Jefridin Hamid, dan beberapa pejabat lainnya.

Pihak Baznas mengakui, di kepemimpinan Rudi-Amsakar pengelolaan zakat oleh Baznas Batam lebih terarah. Potensi zakat juga terus naik setelah adanya kebijakan pengelolaan zakat profesi di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Batam.

Bahkan sebagai Kepala BP Batam, Rudi juga menerapkan kebijakan yang sama bagi pegawai BP Batam.

Pada kesempatan itu, Rudi bersyukur potensi zakat di Batam ini sangat tinggi.

“Alhamdulillah kebijakan selama ini bisa meningkatkan potensi zakat yang nantinya disalurkan kepada penerima zakat sesuai ketentuan agama,” ujar Rudi.

Dia mengatakan, melalui dua kebijakan pengelolaan zakat profesi bagi pegawai Pemko dan BP Batam, Baznas Batam mampu mengumpulkan Rp30 miliar. Namun, angka itu masih jauh dari potensi zakat di Batam yang diperkirakan mencapai Rp250 miliar.

Rudi juga berharap Baznas Batam makin gencar mengumpulkan potensi zakat di Batam.

Baca Juga:

“Demi menyejahterakan masyarakat Batam,” ujarnya.

Dari data yang dimilikinya, Rudi menyebutkan Sebanyak 41 ribu kepala keluarga atau 284 ribu jiwa masuk dalam kategori miskin. Ia berharap, melalui program Baznas, dapat membantu pemerintah dalam menangani persoalan kemiskinan di Batam.

“Mari ketuk hati kita untuk menyalurkan zakat. Mengurus orang miskin bukan hanya tugas pemerintah, tapi semua punya peran masing-masing,” kata Rudi.

***

Editor: Asrul R

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin