Home Urban Edukasi

Apa Itu Premi Asuransi? Begini Penjelasannya

66
Penjelasan Premi Asuransi
Foto: Shutterstock
artikel perempuan

Barakata.id – Saat ini keberadaan polis asuransi memang begitu dibutuhkan. Banyak jenis asuransi yang sudah tersedia dan bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan.

Salah satunya adalah asuransi mobil yang saat ini masih begitu populer di kalangan masyarakat penggunaanya. Selain asuransi mobil, ada juga asuransi perjalanan yang akan memberikan banyak manfaat.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa membaca ulasan mengenai polis asuransi mobil dan premi asuransi perjalanan di sini.

Pengertian Asuransi

Sebelum mengetahui tentang dua jenis asuransi seperti asuransi untuk mobil dan juga asuransi perjalanan. Akan lebih baik jika Anda juga tahu apa itu asuransi.

Secara mudahnya asuransi adalah sebuah perjanjian yang dilakukan oleh dua belah pihak atau lebih antara pihak perusahaan sebagai penanggung dengan pihak nasabah asuransi sebagai pihak tertanggung.

Pihak nasabah nantinya akan membayarkan sejumlah premi yang telah disepakati sebelumnya untuk mendapatkan pergantian atas risiko kerugian, kerusakan maupun kehilangan yang terjadi dari setiap peristiwa seperti yang terlampir dalam dokumen polis asuransi.

Pengertian Polis Asuransi

Setelah Anda mengetahui apa itu asuransi, berikutnya kita akan belajar bersama tentang apa itu polis asuransi.

Secara mudahnya, polis asuransi adalah dokumen yang di dalamnya memiliki penjelasan akan risiko, syarat serta komitmen dan juga perjanjian yang akan dilakukan oleh pihak perusahaan asuransi dengan nasabah pengguna asuransi tersebut.

Keberadaan dari dokumen polis asuransi ini penting sekali bagi para nasabah. Sebab, dokumen polis asuransi bisa menjadi sebuah pedoman untuk mengetahui apa saja hak yang akan mereka terima.

Selain itu, adanya dokumen polis asuransi juga akan bisa mempermudah para nasabah untuk tahu apa saja kewajiban yang harus dilakukan untuk bisa mendapatkan sebuah pertanggungjawaban dari pihak perusahaan seperti pembayaran besaran premi.

Sedangkan bagi perusahaan asuransi, keberadaan dari dokumen polis asuransi bisa menjadi dasar penolakan pertanggungjawaban ketika pihak nasabah melakukan klaim di luar yang tertera di dalam dokumen asuransi tersebut.

Asuransi Mobil dan Jenisnya

Asuransi mobil adalah salah satu jenis dari asuransi yang sampai saat ini masih terus digunakan banyak orang. Asuransi mobil adalah jenis asuransi yang bisa memberikan manfaat akan pertanggungan ganti rugi dari beberapa resiko berkendara.

Risiko berkendara yang ditanggung oleh asuransi mobil adalah seperti kerusakan akan tabrakan, kecelakaan, kehilangan maupun kerusakan yang diakibatkan oleh pencurian hingga bencana alam seperti banjir.

Secara umum, asuransi mobil akan dibagi menjadi dua jenis yaitu asuransi Total loss only atau biasa disebut TLO dan asuransi mobil jenis All Risk atau Comprehensive. Di mana asuransi mobil TLO akan memberikan ganti rugi jika kerusakan atau kehilangan lebih besar dari 75 persen harga mobil.

Sedangkan untuk asuransi mobil jenis All Risk akan memberikan ganti rugi atas kerusakan kecil seperti lecet dan penyok maupun kerusakan besar hingga terjadinya kehilangan.

Pengertian Premi Asuransi

Setelah mengetahui apa itu asuransi dan polis asuransi, berikutnya kita akan mempelajari tentang premi asuransi. Premi asuransi adalah sebuah biaya yang ditetapkan oleh pihak perusahaan asuransi dan disetujui oleh pihak nasabah.

Di mana nantinya pihak nasabah ketika sudah setuju akan melakukan pembayaran sesuai dengan biaya yang ditetapkan untuk bisa mendapatkan klaim ganti rugi sesuai yang tertera dalam dokumen polis asuransi.

Penting bagi para nasabah untuk mengetahui besaran premi serta melakukan kalkulasi perhitungan. Hal ini dilakukan agar bisa mengetahui apakah besaran premi yang dibayarkan sesuai dengan klaim pertanggungjawaban yang diberikan oleh pihak perusahaan.

Dalam dunia premi asuransi ada beberapa istilah penting yang wajib diketahui oleh pihak nasabah seperti cuti premi, refund premi, lumpsum dan juga premi dasar.

Premi Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan adalah salah satu jenis asuransi sampai saat ini masih banyak digunakan. Selain memiliki polis asuransi, asuransi perjalanan tentunya juga memiliki premi asuransi di dalamnya.

Premi asuransi perjalanan akan dibayarkan oleh pihak nasabah kepada pihak perusahaan agar bisa mendapatkan pertanggungjawaban atas gangguan perjalanan, biaya medis, rawat inap maupun uang santunan.

Itulah ulasan tentang premi asuransi yang bisa Anda baca selengkapnya di atas. Semoga bermanfaat!

Dapatkan update berita pilihan setiap hari bergabung di Grup Telegram "KATA BARAKATA", caranya klik link https://t.me/SAHABATKATA kemudian join.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin