Home Kepulauan Riau Batam

Antisipasi Kemarau, Wali Kota Batam Ajak Masyarakat Salat Minta Hujan

100
Wali Kota Batam
Wali Kota Batam, Muhammad Rudi di acara Milad ke-107 Muhammadiyah di Dataran Engku Putri, Batam Centre, Sabtu (23/11/19). (F: Barakata.id)

Barakata.id, Batam – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mengajak seluruh elemen masyarakat Batam melaksanakan salat Istisqa atau salat minta hujan. Ajakan itu untuk mengantisipasi musim kemarau atau musim kering melanda Batam.

Sejak beberapa bulan belakangan, wilayah Batam, Kepulauan Riau (Kepri) memang jarang dijatuhi hujan. Bukan hanya membuat iklim Batam menjadi terasa lebih panas, hal itu juga berdampak pada menurunnya volume air di waduk-waduk tempat sumber air bersih di Batam.

Baca Juga :
Terkait Pengelolaan Air Batam, Ombudsman: Pelayanan ke Pelanggan Jangan Terganggu

Ajakan salat minta hujan dari Wali Kota Batam dipertegas dengan diterbitkannya surat edaran wali kota.

Surat Edaran Wali Kota Batam
Surat Edaran Wali Kota Batam untuk masyarakat menggelar salat minta hujan.

Surat edaran yang diteken langsung oleh Rudi tersebut ditujukan kepada Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Batam, Kemenag Kota Batam, Camat se-Kota Batam dan pengurus masjid serta musala se- Kota Batam.

Dalam surat itu sebutkan bahwa Batam, sejak beberapa bulan terakhir mendapat panas yang lebih lama, sementara curah hujan sangat jarang. Diperkirakan, musim kering ini masih akan berlanjut sampai masa yang belum diketahui.

“Sesuai dengan firman Allah SWT dalam Surat Nuh Ayat 10-11 yang artinya: Maka Aku berkata (kepada mereka), mohonlah ampunan kepada Tuhanmu sungguh dia Maha Pengampun niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit kepadamu,” demikian salah satu isi tulisan dalam surat edaran tersebut.

Baca Jiga :
15 Warga Batam Akan Dikarantina, Pernah Kontak dengan WN Singapura yang Positif Virus Corona

“Maka dari itu diimbau dan mengajak segenap elemen masyarakat agar melaksanakan salat lstisqa atau salat minta hujan kepada Allah SWT.”

“Untuk teknis pelaksanaan baik waktu den tempat diserahkan sepenuhnya kepada saudara,” ujar Rudi dalam surat itu.

Perkiraan cuaca Kota Batam
Perkiraan Cuaca Kota Batam. (F: Screenshot dari web BMKG)

Sementara itu, mengutip laman BMKG, cuaca Batam sepanjang hari ini, Rabi (4/3/20) diprediksi belum akan turun hujan.

BMKG merilis, sepanjang hari sejak pagi hingga malam, cuaca Batam akan cerah berawan dengan tingkat kepanasan antara 27° sampai 32° Celcius.

*****

Penulis : Ali Mhd

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin