Anggaran Pilgub Kepri Capai Rp130 Miliar

88

Barakata.id, Batam – Anggaran untuk Pemilihan Gubernur Kepulauan Riau (Pilgub Kepri) dialokasikan mencapai Rp130 miliar. Anggaran tersebut telah diusulkan Pemprov Kepri ke dalam APBD 2020.

Provinsi Kepri termasuk daerah yang akan melaksanakan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak tahun depan. Anggaran Rp130 miliar tersebut akan dipecah untuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepri, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kepri serta pengamanan.

Baca Juga : Daftar 45 Anggota DPRD Kepri 2019-2024

Sekretaris Daerah (Sekda) Kepri, TS Arif Fadillah mengatakan, anggaran untuk Pilgub Kepri diajukan berdasarkan usulan dari penyelenggara pemilu dan pengamanan. Besarnya anggaran diasumsikan dengan kebutuhan banyaknya calon yang berpotensi ikut pemilihan berdasarkan perolehan suara partai politik di DPRD Kepri.

Arif mengatakan, menurut prediksi KPU Kepri, jika melihat Raihan suara partai politik di DPRD Kepri, maka Pilgub Kepri 2020 nanti berpotensi akan diikuti sekitar lima pasang calon.

Namun, jika pada akhirnya calon yang akan bertarung tidak sampai lima pasang, kelebihan anggaran akan dikembalikan ke kas daerah.

“Jumlah anggaran sebesar itu kan hanya untuk antisipasi saja. Kalau nanti lebih, ya dikembalikan,” ujar Arif dihubungi Selasa (13/8/19).

Arif menegaskan, anggaran itu belum final karena masih dibahas lagi bersama DPRD Kepri. Yang jelas, angka Rp130 miliar tersebut merupakan hasil kesepakatan antara Pemprov y dengan KPU, Bawaslu dan pihak pengamanan pemilu.

“Kalau pembagiannya di masing-masing lembaga, saya tidak ingat. Tapi totalnya sekitar segitulah Rp130 miliar,” kata dia.

PDIP kursi terbanyak

Sebelumnya, dalam rapat pleno di Hotel CK Tanjungpinang, Sabtu (10/8/19), KPU Kepri menetapkan perolehan kursi dan anggota DPRD Kepri terpilih dari hasil Pemilu 2019.

Baca Juga : KPU Karimun Usulkan Anggaran Pilkada Rp20 Miliar

PDI Perjuangan ditetapkan sebagai pemenang Pemilu 2019 di Kepri dengan raihan suara terbanyak dan perolehan 8 kursi, diikuti partai Golkar yang juga memperoleh 8 kursi di DPRD Kepri.

Posisi ke-3 dan 4 diraih oleh partai NasDem dan PKS yang masing-masing memperoleh 6 kursi. Kemudian, partai Demokrat sebanyak 4 kursi, Gerindra 4 kursi, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Hanura masing-masing 3 kursi, Partai Amanat Nasional (PAN) 2 kursi, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mendapat 1 kursi.

*****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini