Home Gaya Kesehatan

Aneka Manfaat Teh yang Perlu Diketahui

46
Ilustrasi. Minum teh sangat baik untuk kesehatan, kecantikan dan meningkatkan mood. (F: Istimewa)

Barakata.id – Secangkir teh yang Anda minum di pagi hari atau di sore hari ternyata memiliki manfaat yang luar biasa. Teh tak hanya baik untuk pencernaan tapi juga untuk kulit dan suasana hati Anda.

“Teh mengandung bahan alami yang kaya dari senyawa tanaman,” kata ahli diet dr Carrie Ruxton seperti yang dilansir dari womanandhome, Selasa (9/6/20).

Bahan alami tersebut adalah flavonoid, yang merupakan senyawa alami yang dibuat oleh tanaman teh saat tumbuh. Flavonoid adalah antioksidan anti-peradangan, penangkal penyakit yang juga ditemukan dalam buah dan sayuran.

Menurut dr Carrie flavonoid ini membuka pembuluh darah, membantu oksigen dan nutrisi untuk memberi energi pada otak kita.

“Teh juga menngandung kafein yang menciptakan kewaspadaan dan fokus. Sementara asam amino terkandung di dalam teh memberikan kenyamanan dan relaksasi,” kata dia.

Baca Juga :
Manfaat Kopi, Minumlah Kopi Hitam Bukan yang Olahan

Sebuah studi baru-baru ini yang diterbitkan dalan European Journal of Preventive Cardiology (Januari 2020) menyebutkan, orang-orang yang minum teh tiga kali atau lebih dalam seminggu dapat hidup lebih lama. Orang tersebut juga memiliki risiko penyakit kardiovaskular yang lebih rendah dari pada orang-orang yang tidak minum teh.

Dari penelitian para ahli di seluruh dunia, juga menunjukkan teh memiliki banyak manfaat. Menurut penelitian dari Amerika dan Singapura, teh meningkatkan kesadaran dan daya ingat serta megurangi risiko demensia. Selain itu teh juga bisa mengurangi depresi dan kecemasan.

Dalam sebuah studi di Taiwan disebutkan teh dapat mengurangi tekanan darah. Meminum teh hitam memiliki efek 10 persen, sementara teh hijau mengurangi risiko hipertensi sebesar 46 persen.

Baca Juga :
10 Obat Alami untuk Anak yang Patut Dicoba

Berdasarkan penelitian yang diterbikan dalam British Journal of Ophthalmology, teh dapat melindungi penglihatam, mengurangi risiko glaukama dan katarak. Para peneliti di China menyebut teh dapat melindungi tulang dan mengurangi risiko penipisan tulang osteoporosis.

Beberapa penelitian di Amerika menunjukkan salah satu manfaat teh adalah untuk menurunkan berat badan. Penelitian tersebut menemukan bahwa kandungan katekin teh membantu merasa kenyang dan memicu perubahan positif pada bakteri usus.

****

Editor : Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin