Home Gaya Kesehatan

Aneka Makanan untuk Meningkatkan Mood, Coba Yuk

Ilustrasi. (F: Piqsels)
Banner Pemprov Kepri

Barakata.id, Kesehatan– Ada banyak makanan untuk meningkatkan mood atau suasana hati. Ini harus dicoba jika Anda tipe orang yang moody. Sebab, jika mood buruk sudah menghampiri, segalanya jadi terasa tak menyenangkan. Anda pun sulit berkonsentrasi mengerjakan sesuatu.

Dilansir dari Boldysky, Minggu (18/4/21), ini dia aneka makanan yang dapat meningkatkan mood.

1. Dark Chocolate

Advertisement

Baca Juga: 

Dark chocolate. (F: Freepik)

Dark chocolate atau cokelat hitam dapat mengembalikan suasana hati yang sedang marah atau stres. Cokelat hitam dapat mengurangi hormon pemicu stres.

Hanya dengan makan 1,4 ons saja sudah memiliki kemampuan yang kuat untuk menurunkan hormon stres kortisol dan katekolamin dalam tubuh. Sehingga perasaan cemas pun berkurang.

2. Pisang

Pisang (F: Piqsels)

Buah ini kaya akan magnesium dan kalium. Dua zat itu dapat meningkatkan kadar serotin di otak. Pisang juga kaya akan vitamin A, B6 dan C serta asam amino triptofan yang dapat meningkatan mood.

Jika ingin maksimal, pilih jenis pisang hijau. Sebab dapat membantu memberi makan banteri usus yang sehat. Sehingga mencegah gangguan mood.

3. Aneka buah beri

Stroberi (F: Piqsels)

Buah beri memiliki antioksidan dan senyawa fenolik. Zat itu dapat memerangi stres oksidatif. Buah beri yang direkomendasikan adalah stroberi, goji berry dan gooseberry.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan (F: Piqsels)

Kacang-kacangan mengandung lemak sehat. Kacang-kacangan juga kaya akan protein nabati dan lemak sehat, asam amino dan triptofan yang dapat memproduksi serotonin.

Kacang-kacangan juga mengandung omega-3 dan magnesium. Sehingga bagus untuk meningkatakan kesehatan otak yang merupakan elemen penting mencegah depresi.

Kacang-kacangan yang direkomendasikan di antaranya, kacang mete, almond, kenari dan kacang Brazil.

5.Yoghurt

Yoghurt (F: Piqsels)

Makanan fermentasi dapat membantu meningkatkan kesehatan usus. Bakteri usus yang sehat dan tingkat depresi yang lebih rendah saling terkait.

Yoghurt mengandung kalsium yang dapat mengurangi tingkat stres dan kecemasan. Selain itu mengonsumsi yoghurt juga dapat membuat suasana hati jadi membaik.

6. Oat

Gandum (F: Piqsels)

Oat atau biji gandum merupakan serat yang sangat baik. Oat mengadnugn kalium, magnesium, protein dan vitamin. Serat dalam gandum membantu meningkatkan susasana hati. Selain itu gandum juga tinggi zat besi yang dapat memberiaki susana hati.

7. Kopi

Baca Juga:

Kopi (F: Piqsels)

Meski tak baik bagi kesehatan jika dikonsumsi berlebihan, tapi kopi dapat membantu meningkatkan mood. Kafein dalam kopi mencegah kelelahan.

Sebaiknya pilih kopi organik dan menghindari pemanis buatan. Kopi utnuk mengurangi stres dan meningkatkan mood sebaiknya dikonsumsi sebagai kopi hitam tanpa tambahan susu.

***

Editor: Asrul R

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin